Raib di Bumi Bersama Kawan-kawan


0
20 shares

Judul Buku                  : Bumi

Penulis                         : Tere Liye

Penerbit                       : PT Gramedia Pustaka Utama

ISBN                              : 978-602-03-0112-9

Tahun Terbit               : –

Tebal                           : 440 halaman

Namaku Raib, usiaku 15 tahun, kelas sepuluh. Aku anak perempuan seperti kalian, adik-adik kalian, tetangga kalian. Aku punya dua kucing, namanya si Putih dan si Hitam Mama dan papaku menyenangkan. Guru-guru di sekolahku seru. Teman-temanku baik dan kompak.

Aku sama seperti remaja kebanyakan, kecuali satu hal. Sesuatu yang kusimpan sendiri sejak kecil. Sesuatu yang menakjubkan. Namaku Raib. Dan aku bisa menghilang.

******

Novel Bumi karya Tere Liye ini menceritakan tentang seorang anak perempuan yang berumur 15 tahun bernama Raib. Sejak kecil ia sudah mempunyai sebuah rahasia, yaitu kekuatan untuk bisa menghilang. Dengan cara menutup wajahnya dengan kedua telapak tangan dan seketika ia menghilang. Awalnya Raib tidak mengerti mengapa ia bisa menghilang, hingga akhirnya Tamus datang menghampirinya. Tamus adalah orang dari dunia lain yang mengirim si Putih dan si Hitam ke rumah Raib. Si Hitam ternyata adalah suruhan Tamus untuk mengawasi Raib sejak kecil. Dan si Hitam pun juga tidak terlihat dengan orang lain kecuali Raib.

Di sekolah, Raib bersahabat dengan Selly. Suatu hari, Selly bertabrakan dengan Ali di tangga dekat kelas. Mereka pun bertengkar. Namun Ra melerai mereka. Pada pelajaran Miss Keriting alias Miss Selena, Ra dihukum dengan Ali karena sama-sama tak membuat tugas matematika. Tak disangka, saat itulah Ra menghilang sejenak. Ali mengetahui kejadian itu dan mengatakan bahwa Ra bisa menghilang. Mereka pun bertengkar sehingga terdengar hingga ke kelas. Miss Keriting pun menjuluki mereka dengan sebutan pasangan serasi.

Hingga pada suatu hari tamus datang untuk membawa raib. Ia ingin membawa paksa dirinya ke Klan Bulan dan memaksa Ra berlatih menghilangkan benda-benda. Ra pun bisa menghilangkan jerawat di wajahnya dan benda-benda kecil di dalam kamarnya. Benda-benda itu menghilang entah kemana. Ra juga mendapat buku PR matematikanya diantar oleh Miss Keriting dengan pesan singkat yang aneh.

Untuk menghindari kejaran tamus raib,sely dan ali pun menggunakan buku kehidupan untuk pergi ke klan bulan. Pertualangan mereka dimuali disana. Mereka harus mengalahkan tamus dan pengikut setianya yang sangat banyak hingga akhirnya mereka bias mengalahkan tamus dengan mengirim tamus ke penjara bayangan di bawah bayangan. Keberhasila mereka mengirim tamus kepenjara bayangan dibawah bayangan di bantu oleh Selena guru matematika mereka, Ilo, Vey, si sulung Ily, dan si bungsu Ou.

Sejak saat itu mereka menemukan satu fakta baru yaitu ternyata Raib adalah pewaris klan bulan pertama yang di besarkan di dunia tanah (BUMI). Dan Seli adalah pewaris klan matahari pertama yang berjalan di atas BUMI. Mereka berdua memliki kekuatan yang mampu menandingi Tamus. Ali, dia hanyalah makhluk tanah yang diam diam jenius. Mereka berjuang mengalahkan Tamus yang ingin menguasai BUMI.

Baca Juga:  Geliat Ustad Karbitan

Like it? Share with your friends!

0
20 shares

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
M Arif Rohman Hakim
Bukan siapa-siapa. Hanya anak pasangan petani sederhana yang tidak ingin hidupnya berlalu saja tanpa makna. Terobsesi pada kata-kata yang cerah-gerakkan manusia. Senang mendengar dan berbagi cerita, namun tak pernah mau berbagi suaranya dengan yang lain. Sebab, menulis merupakan sarana yang digunakannya untuk berbagi.