25.3 C
Jakarta

Rahmat Allah Untuk Orang Yang Mempermudah Urusan Jual Beli

Artikel Trending

Asas-asas IslamSyariahRahmat Allah Untuk Orang Yang Mempermudah Urusan Jual Beli
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Manusia adalah makhluk sosial. Oleh karena yang demikian, manusia tidak akan pernah mampu untuk hidup sendirian. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia pasti membutuhkan orang lain. Kebutuhan-kebutuhan manusia itu biasanya tercukupi dengan adanya kegiatan muamalah atau transaksi jual dan beli. Namun demikian terkadang dalam urusan jual beli, tidak semudah dibayangkan. Ada proses tawar menawar yang membuat susah. Padahal siapa saja yang mempermudah dalam urusan jual belinya akan mendapatkan rahmat Allah.

Terkait hal ini, Nabi Muhammad bersabda

رَحِمَ اللهُ عبدًا سَمْحًا إذا باعَ ، سَمْحًا إذا اشْتَرى ، سَمْحًا إذا قَضَى ، سَمْحًا إذا اقْتَضَى

Artinya: “Allah merahmati orang yang mudah ketika menjual, mudah ketika membeli, mudah ketika membayar hutang, dan mudah ketika menagih hutang.” [HR. Bukhari].

Itu artinya orang-orang yang samhah atau mempermudah dalam urusan jual-belinya akan mendapatkan rahmat Allah. Padahal perlu diketahui, bahwa rahmat Allah itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Oleh karenanya untuk mempermudah mendapatkan rahmat Allah, lakukan transaksi jual beli dengan mudah, jangan pernah mempersulit urusan jual beli, dan jangan mempersulit urusan hutang menghutang.

BACA JUGA  Bagaimana Sebenarnya Kerukunan dalam Islam (Bagian-II)

Bahkan dalam hadis yang lain, samhah atau mempermudah urusan orang lain, tentunya urusan kebaikan merupakan sebaik-baiknya iman kepada Allah. Nabi Muhammad bersabda

أفضل الإيمان الصبر والسماحة

Artinya: “Sebaik-baik iman adalah sabar dan samahah.” [HR. Ad-Dailami].

Mempermudah segala urusan dalam kebaikan seperti transaksi jual beli, hutang-piutang, dan apapun itu merupakan sebaik-baiknya iman. Ternyata keimanan terbaik itu ditentukan banyak hal, dan salah satunya adalah mempermudah urusan orang lain dalam kebaikan.

Walhasil orang yang mengaku beriman kepada Allah dan Rasulnya tentu akan mempermudah urusan dalam kebaikan. Orang yang beriman kepada Allah tidak akan pernah mempersulit sebuah urusan. Sebagai penutup, permudahlah urusan jual beli kalian, maka itulah merupakan sebaik-baiknya iman dan tentu dengan itu akan mendapatkan rahmat Allah Swt. Wallahu A’lam Bishowab.

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru