25.1 C
Jakarta

Prinsip Hidup Seorang Muslim Sesuai Ajaran Nabi

Artikel Trending

Asas-asas IslamAkhlakPrinsip Hidup Seorang Muslim Sesuai Ajaran Nabi
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com –  Seorang yang menjalani kehidupan di dunia ini tentu harus mempunyai prinsip. Tanpa memegang teguh prinsipnya seseorang akan mudah terombang ambing dalam menjalani kehidupannya. Terlebih lagi, seorang muslim, harus selalu memegang teguh prinsip hidupnya, terlebih lagi dalam hal prinsip keimanan. Dan berikut prinsip hidup yang harus dipedomani seorang muslim sesuai dengan ajaran Nabi

Nabi Muhammad dalam sabdanya, berpesan kepada umat Islam untuk memegang teguh prinsip hidup. Nabi Muhammad juga berpesan kepada umat Islam untuk tidak mengikuti pola hidup orang lain (membebek). Dalam hadisnya, dengan jelas Rasulullah bersabda

لَا تَكُونُوا إِمَّعَةً تَقُولُونَ إِنْ أَحْسَنَ النَّاسُ أَحْسَنَّا وَإِنْ ظَلَمُوا ظَلَمْنَا وَلَكِنْ وَطِّنُوا أَنْفُسَكُمْ إِنْ أَحْسَنَ النَّاسُ أَنْ تُحْسِنُوا وَإِنْ أَسَاءُوا فَلَا تَظْلِمُوا (رواه الترمذي)

Artinya: “Janganlah kamu menjadi orang-orang yang ikut-ikutan saja (membebek), yang berkata: “ Jika orang lain berbuat baik, maka kami pun berbuat baik. Tetapi kalau orang lain berlaku zalim atau jahat, kami pun berbuat zalim atau jahat. Akan tetapi teguhkanlah pendirianmu. Kalau orang banyak berbuat baik, hendaklah kamu berbuat baik, dan sebaliknya kalau mereka berbuat jahat maka janganlah kamu ikuti mereka”. (HR. Tirmidzi, No: 1930).

BACA JUGA  Mengatur Pola Makan Sesuai Ajaran Nabi Muhammad

Dalam hadis ini dijelaskan prinsip hidup seorang muslim, yaitu apabila seseorang berbuat baik maka kita pun harus berbuat baik, namun demikian apabila seseorang berbuat buruk maka kita harus menolaknya.

Pada umumnya, yang sering terjadi dalam kehidupan di masyarakat, berdasarkan prinsip sosial maka jika ada yang berbuat baik, maka kita akan berbuat baik. Dan jika ada orang yang berbuat sebaliknya maka kita akan sebaliknya pula. Tentu prinsip sosial ini baik, akan tetapi bisa lebih baik lagi kalau kita menggunakan prinsip agama seperti yang telah diterangkan dalam hadis ini.

Semoga kita semua bisa menjalankan prinsip hidup sesuai yang diajarkan Nabi Muhammad dalam hadisnya. Dan semoga pula dengan menjalankan prinsip hidup ini kita semua akan menjadi orang yang beruntung di kehidupan dunia dan akhirat. Amin.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru