31.5 C
Jakarta
Array

Pesan Idul Fitri Majelis Pemuda Islam Indonesia

Artikel Trending

Pesan Idul Fitri Majelis Pemuda Islam Indonesia
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Assalamu’alaikum Warahmatullah wa Barakatuh.

Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah Swt atas segala nikmat-Nya. Bahwa, umat Islam Indonesia telah menyelesaikan rangkaian ibadah Ramadhan 1438 H / 2017 M dengan penuh damai, rukun, dan khidmat. Meski di dalam bulan Ramadhan 1438 H / 2017 M ini, umat Islam tetap dihadapkan pada dinamika kehidupan keumatan, berbangsa dan bernegara namun berkat kesucian bulan Ramadhan, dinamika tersebut insyaallah telah berhasil dijalani dengan penuh hikmat dan nuansa persaudaraan.

Maka, dalam rangka mengambil hikmah dan pesan suci menjelang Idul Fitri 1438 H / 2017 M ini untuk dijadikan bekal perjalanan keumatan dan kebangsaan ke depan, Pimpinan Pusat Majelis Pemuda Islam Indonesia menyampaikan Pesan Idul Fitri sebagai berikut:

  1. Mari sambut Idul Fitri dengan suasana kalbu penuh hikmat, syukur, dan tidak larut dalam perilaku tabdzir dan Segera tunaikan terlebih dahulu ibadah zakat baik zakat fitrah maupun zakat maal sebagai implementasi salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan sebelum merayakan hari raya Idul Fitri. Sehingga tujuan ibadah untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial juga tercapai selain tujuan ibadah individual kepada Allah Swt. Hendaknya dalam mekanisme penyalurannya melalui amil-amil zakat yang profesional sehingga mekanisme penyaluran zakat, infaq dan sedekah bagi mustahiq benar-benar sampai dengan penuh tertib, tepat, dan tidak menimbulkan madharat.
  2. Mari rayakan Idul Fitri dengan penuh spirit rekonsilisasi. Saling memaafkan adalah salah satu ajaran inti dalam merayakan hariraya Idul Fitri. Salingga memaafkan adalah universal baik antar sesame rakyat, umat, dan antara rakyat dengan pemimpinnya. Sehingga paripurnalah upaya penghapusan dosa dari Allah Swt maupun terhadap sesame manusia, dan negara kita semakin damai dan harmoni.
  3. Mengapresiasi pemerintah yang berencana menggelar sidang Isbat bersama Ormas-Ormas Islam untuk menyepakati 1 Syawal 1438 H dalam spirit memandu umat dengan penuh tanggungjawab dan dedikatif. MPII juga mengharapkan jikalau ada perbedaan penentuan 1 Syawal 1438 H hendaknya disikapi dengan penuh toleransi dan saling memahami. Mari hindarkan dari saling menyalahkan dan bermusuhan.
  4. Menghimbau kepada para Khatib dalam khutbah Idul Fitri untuk menebarkan spirit pembebasan diri atau menahan diri (tamassuk an-nafs) dari mentalitas permisif menuju empatif, individualis menuju komunal (jama’iy), mentalitas egois (ananiyah) menjadi partisipatoris, dan mentalitas saling menaklukkan menuju saling bergandengan tangan dan saling mengasihi. Sehingga tujuan ibadah puasa benar-benar kita praktikkan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju kwalitas bangsa yang semakin berkeadaban.
  5. Menghimbau kepada seluruh umat Islam untuk mensyiarkan pelaksanaan shalat Idul Fitri di masjid, mushalla, lapangan, dan tempat-tempat lainnya dengan penuh gembira, khidmat, bersahaja, tertib, dan rapi. Gemakan takbir, tahlil, dan tahmid dengan penuh khidmat dan kebanggaan.
  6. Berkenaan dengan Hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H ini insya Allah bertepatan dengan hari Minggu, 25 Juni 2017, MPII menghimbau agar pelaksanaan ibadah shalat Idul Fitri yang bersamaan dan berdekatan dengan pelaksanaan dan tempat ibadah umat beragama lainnya dapat berjalan dengan penuh toleransi dan rukun. MPII memberikan apresiasi yang tinggi kepada umat beragama lainnya yang telah bertoleransi dan menghormati khidmatnya penyelenggaraan shalat Idul Fitri yang mungkin bertepatan atau bersamaan harinya dengan hari ibadah mereka. Semoga saling toleransi antarumat beragama ini menjadi modal bersama mewujudkan kerukunan dan kebaikan antar umat beragama bagi kemajuan bangsa Indonesia.
  7. MPII mengharapkan agar negara mengoptimalkan tugasnya untuk memberikan pelayanan maksimal dan profesional agar dalam pelaksanaan shalat Idul Fitri dan perayaannya berjalan penuh rasa aman, damai, dan kondusif. Para penyelenggara moda transportasi baik darat, laut, dan udara hendakanya benar-benar memberikan pelayanannya dengan kualitas maksimal, aman, dan tertib sehingga para pemudik benar-benar penuh suka-cita dalam silaturahim kesanak saudara di seluruh teritorial Indonesia yang luas ini.
  8. Mari syiarkan semarak hari raya Idul Fitri dengan budaya yang islami dan sesuai dengan keluhuran adat istiadat masyarakat Indonesia. Perbanyak silaturahim, saling bersedekah, saling menolong, dan saling mendoakan untuk kebaikan sesama sanak kerabat dan saudara. Sehingga spirit persaudaraan dalam Idul Fitri ini dapat disemestakan dan dirasakan bagi seluruh rakyat Indonesia.
  9. MPII menghimbau agar spirit saling memaafkan dan tradisi Halal bi Halal di bulan Syawal ini menjadi momentum baik di Indonesia, maupun internasional di kawasan yang sedang dilanda konflik dan ketegangan politik seperti di kawasanTeluk, Timur Tengah, dan wilayah lainnya untuk mampu menahan diri dari saling berperang dan bertengkar. Mari kedepankan ukhuwah islamiyah dan ukhuwah basyariyah demi terwujudnya perdamaian dunia.

Semoga Allah Swt senantiasa mencurahkan rahmat dan kasih sayang-Nya di hari yang fitri ini. Sehingga nilai-nilai selama ibadah Ramadhan dan hikmah-hikmah luhur di bulan Syawal ini semakin meningkatkan kehidupan bangsa dan negara Indonesia ke tingkat peradaban yang semakin baik dan diridhai Allah Swt.

Pimpinan Pusat Majelis Pemuda Islam Indonesia (PP MPII) mengucapkan taqabbalallah minna wa minkum wa ja’alanallah minal ‘aidin al-faizin al-maqbulin. Selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H / 25 Juni 2017 M.  Mohon maaf lahir dan batin.

Wassalamu ‘alaikum wa rahmatullah wa barakatuh

Jakarta, 27   Ramadhan   1438 H

22    Juni 2017 M

PIMPINAN PUSAT

MAJELIS PEMUDA ISLAM INDONESIA

ISHFAH ABIDAL AZIZ, S.Hi   KETUA UMUM

ARIF FACHRUDDIN                            WAKIL KETUA UMUM

 NUR KHAMIM JUREMI, M.Si            WAKIL KETUA UMUM

HILMAN QURTHUBY, M.AP              SEKRETARIS JENDERAL

EDI SAPUTRA, M.Ed                            WAKIL SEKRETARIS JENDERAL

CHAIRUL LUTFI, S.Hi, SH                   WAKIL SEKRETARIS JENDERAL

ACHMAD MUUCHLISON, S. PdWAKIL SEKRETARIS JENDERAL

SYAHRIL FAUZI, MH                          BENDAHARA UMUM

KETUA PENGURUS WILAYAH MPII SEINDONESIA

 

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru