Perbedaan Alquran dengan Kitab-kitab Terdahulu


0
3 shares

Apakah Alquran dengan kita-kitab terdahulu mempunyai perbedaan? Jika beda, lantas apa saja perbedaan itu? Itulah rentetan pertanyaan yang selalu dialamatkan kepada da’i atau penceramah dalam forum kajian keislaman. Memang hal yang wajar pertanyaan itu muncul terlebih di tengah tingginya ghirah keagamaan masyarakat Indonesia.

Secara jelas dan tegas, Alquran berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya. Diantara perbedaan-perbedaannya sebagai berikut:

  1. Kitab-kitab sebelumnya telah hilang keutuhannya atau keotentikannya. Sementara itu, Alquran hingga saat ini dan bahkan yang akan datang sekalipun, masih utuh. Hal ini ditegaskan sendiri dalam Alquran, yakni surat Al Hijr ayat 9; (Sungguh, Kamilah yang telah menurunkan Alquran dan Kamilah yang menjaganya dari pemalsuan).
  2. Bahwa Alquran ditujukan untuk seluruh alam/umat manusia. Sementara, kitab terdahulu hanya diperuntukkan untuk satu golongan tertentu. Inilah letak perbedaan selanjutnya. Banyak ayat yang menjelaskan tentang hal ini; seperti Albaqarah ayat 185. Dan juga Ali Imran ayat 183; (… Itulah keterangan yang jelas untuk semua manusia, sebuah petunjuk dan pelajaran bagi orang yang bertakwa).
  3. Bahwa kitab-kitab terdahulu menggunakan bahasa kaum yang kini telah hilang sejak beberapa waktu silam. Berbeda dengan halnya Alquran, Alquran berbahasa Arab yang kini digunakan oleh berjuta-juta manusia. Dan Alquran diturunkan dalam bahasa Arab bukan berarti Alquran untuk bangsa Arab saja, melainkan untuk semua manusia. Simak QS Ibrahim [14] ayat 4.
  4. Alquran memuat ringkasan ajaran-ajaran ketuhanan dalam kitab-kitab dan mengukuhkan kebenaran ajaran ajaran yang terdapat di dalam kitab-kitab terdahulu; yakni Taurat, Zabur, dan Injil. Simak Ali Imran ayat 3-4, Al Maidah ayat 48 dan Al-An’am ayat 92).

Tentu masih ada beberapa perbedaan prinsipil lainnya anatara Alquran dan kitab-kitab sebelumnya. Namun demikian, kiranya empat point sebagaimana yang telah dijabarkan di atas sudah lebih cukup untuk menggambarkan betapa Alquran mempunyai perbedaan-perbedaan dengan kitab terdahulu. [N].

Baca Juga:  Mengurai Makna Surah Al-Mulk (Bagian-V)

Like it? Share with your friends!

0
3 shares

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
1
Suka
Harakatuna

Harakatuna merupakan media dakwah yang mengedepankan nilai-nilai toleran, cerdas, profesional, kritis, faktual, serta akuntabel dengan prinsip utama semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasar pemahaman Islam: rahmat bagi semua makhluk di dunia.