Pendidikan Tanpa Alas

Mahasiswa Upi Kampus Cibiru


0
3 shares

Pendidikan ? untuk masyarakat awam mungkin pendidikan akan dipandang sebelah mata bahkan banyak juga masyarakat yang berpikiran bahwa “Untuk apa sekolah atau mengais pendidikan tinggi-tinggi apabila hasilnya hanya menjadi kuli pabrik” darimana hal terebut berasal dari pikiran kolot mereka. Pada kenyatannya pendidikan merupakan salah satu fundamen utama dalam terlaksananya negara yang maju dan bermartabat.
Kondisi pendidikan di Indonesia saat ini bisa dikatakan cukup memprihatinkan, hal ini terbukti berdasarkan wawancara yang saya lakukan terhadap beberapa guru sekolah dasar, yang dimana sebagian dari mereka tidak mengetahui hakikatnya sebagai tenaga pendidik terutama mengenai landasan pendidikan.

Hal ini sangat disayangkan karena sebagai tenaga pendidik seharusnya sudah memahami landasan pendidikan, gimana landasan pendidikan itu sendiri berperan sebagai dasar, tolak ukur dan patokan bagi seorang guru dalam mengajar. Pada umumnya guru yang tidak memahami landasan pendidikan adalah guru senior atau guru yang sudah cukup umur, namun untuk sebagian guru junior atau muda pada umumnya sudah memahami landasan pendidikan, mengapa hal tersebut bisa terjadi karena dalam masa perkuliahnnya bisa dikatakan berbeda sebab untuk calon guru diwajibkan untuk mempelajari landasan pendidikan.

Landasan pendidikan berperan penting dalam cara mengajar seorang guru. Dalam pelaksanaan pendidikan itu sendiri landasan pendidikan berperan sebagai tolak ukur seorang guru agar mengajar sesuai dengan bidangnya dan tidak lari dari konteksnya. Landasan pendidikan di Indonesia harus berlandaskan pada pancasila sebab pancasila sebagai dasar negara, jadi dari nilai-nilai pancasila tersebut murid diajarkan untuk mengaplikasikannya dalam kehiduan sehari-hari. Landasan pendidikan memiliki dasar dari mulai landasan agama, filsafat, hukum, iptek, psikologi, sosial budaya dan lain-lain. Berdasarkan dasar-dasar tersebut terbentuk fundamental pendidikan yang berarti tanpa dasar dasar tersebut fundamental pendidikan tidak akan terbentuk.

Baca Juga:  Radikalisme dalam Spektrum Politik

Diharapkan dari fundamental pendidikan tersebut itulah tercipta karakter peserta didik yang baik dan dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang bermartabat, berkarakter dan berintegritas sesuai dengan harapan dan cita-cita bangsa.

Dengan demikian diperlukan tenaga pendidik yang baik dan berkualitas di Indonesia. Dengan kualitas pendidik yang baik akan tercipta generasi penerus bangsa yang baik pula yang diawali dengan pemahaman tenaga pendidik mengenai pentingnya landasan pendidikan dalam pelaksanaan pendidikan di Indonesia.


Like it? Share with your friends!

0
3 shares

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
MuhSyifa