30.3 C
Jakarta

Pemprov Sulteng Ajak Multipihak Kerja Sama Cegah Radikalisme-terorisme

Artikel Trending

AkhbarDaerahPemprov Sulteng Ajak Multipihak Kerja Sama Cegah Radikalisme-terorisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Sulteng – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah mengajak multipihak di daerah itu untuk bekerja sama mengoptimalkan pencegahan perkembangan radikalisme dan terorisme.

“Kami mengharapkan adanya sinergi dan kerja sama yang berkesinambungan antara pemerintah, baik di tingkat pusat, daerah, dan komponen lainnya untuk meningkatkan situasi kondusitf melalui pencegahan radikalisme dan terorisme,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulawesi Tengah Fahrduddin D Yambas dihubungi dari Palu, Senin, terkait pencegahan radikalisme.

Pemprov Sulteng telah mengambil langkah-langkah strategis dalam upaya pencegahan perkembangan radikalisme dan terorisme, katanya.

Ia menguraikan dari aspek ideologi, Pemprov Sulteng terus berupaya meningkatkan kualitas tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Pemprov Sulteng telah bekerja sama dengan BNPT membentuk satgas sinergitas di tingkat daerah yang mengkoordinir 46 lembaga pemerintah untuk menindaklanjuti rencana aksi pencegahan dan penanggulangan radikalisme dan terorisme,” ungkap dia.

BACA JUGA  Gus Miftah Sampaikan Pesan Radikalisme Harus Dihentikan oleh Para Pemuda

Hal ini, katanya, sebagai upaya untuk mencegah masyarakat terpapar radikalisme dan terorisme.

Di samping itu, sebut dia, dari aspek politik, Pemprov Sulteng menjamin setiap warga negara memiliki hak sama dan memberikan akses untuk berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

Sementara dari aspek sosial, kata dia, Pemprov Sulteng membentuk forum kemasyarakatan dan keagamaan yang menjadi jembatan penghubung pemerintah dengan masyarakat.

“Pemprov Sulteng memberikan dukungan sepenuhnya kepada TNI dan Polri untuk melakukan tugas-tugas dan fungsi pengamanan,” ujarnya.

Ia mengakui bahwa penguatan aspek-aspek tersebut masih harus dilakukan dan dioptimalkan, dengan membangun sinergi yang melibatkan multipihak.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru