31.5 C
Jakarta
Array

Pancasila adalah Syariat dalam Berbangsa dan Bernegara

Artikel Trending

Pancasila adalah Syariat dalam Berbangsa dan Bernegara
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com, Jakarta — Ikatan Alumnus Pondok Pesantren KHAS Kempek (Ikhwan KHAS) menggelar diskusi bertema Islam Merawat Kebinekaan, Sabtu (19/8) di Jung Coffee, Rawamangun, Jakarta. Kegiatan diskusi itu diisi dengan membedah buku Kontroversi Dalil-dalil Khilafah karya Muhammad Sofi Mubarok dan buku Jurnalisme Keberagaman karya Usman Kansong.

Muhammad Sofi Mubarok dalam pemaparannya sebagai narasumber menyampaikan tiga pandangan KH Afifuddin Muhajir terhadap Pancasila. Katib Syuriah PBNU 2010-2015 itu merasa aneh dengan orang yang anti terhadap Pancasila.

Padahal menurutnya, disampaikan Sofi, pertama Pancasila itu sesuai dengan agama, “Pancasila yuwafiq ma’ad din,” ujarnya.

Kedua, Pancasila tidak bertentangan dengan syariat, “laa tukholif asy-syari’ah.”

Ketiga, Pancasila merupakan syariat itu sendiri (dalam berbangsa dan bernegara). “Pancasila hiya asy-syariah bi’ainiha, Pancasila itu ya syariat itu sendiri kata Kiai Afif,” ungkap kandidat doktor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Hal tersebut diperkuat dengan penelitian ulama-ulama dunia terhadap sila pertama sampai sila kelima Pancasila yang menyatakan, bahwa Pancasila tidak jauh dari tiga hal di atas.

“Semua ulama di dunia sepakat bahwa pancasila itu tidak jauh dari tiga hal tersebut di atas setelah menelitinya,” katanya.

Diskusi yang dipandu Sekjen Ikhwan KHAS Sobih Adnan itu juga menghadirkan Usman Kansong sebagai salah satu penulis buku yang dibedah. Sementara itu, penulis buku Hizbut Tahrir Indonesia Gagal Paham Khilafah Makmun Rasyid hadir sebagai pembanding. []

Sumber: NU Online

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru