27.4 C
Jakarta

Paham Radikalisme di Indonesia Masih Tumbuh dan Berkembang

Artikel Trending

AkhbarDaerahPaham Radikalisme di Indonesia Masih Tumbuh dan Berkembang
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Bandung – Hingga saat ini, di Indonesia paham radikalisme masih tumbuh dan berkembang. Banyak jaringan dan kelompok yang menyebarkan paham radikalisme.

Agen Intelijen Madya Binda Jabar Deputi 2, Iwan Suryan mengatakan, semua kalangan perlu ikut berperan aktif untuk mencegah pemahaman radikalisme sejak dini.

”Masyarakat harus sadari, negara kita selama ini aman karena moderasi beragama,” kata Iwan kepada Jabar Ekspres, Senin (1/1).

Sebenarnya, kata Iwan, melalui ideologi Pancasila maka tak perlu ada lagi perdebatan terkit salah satu pemahaman. Apalagi hingga membuat pergerakan yang berpotensi menyimpang kesepakatan berbangsa dan bernegara dengan ideologi Pancasila.

”Kelompok-kelompok haluan garis keras mulai muncul di Indonesia sekitar tahun 1998,” katanya.

Dia mencontohkan, gerakan Hisbutahrir yang mulai menunjukan diri pada 1998. Padahal, sebenarnya Hisbutahir sudah ada sebelum tahun 1998.

”(Tahun) 1998 gerakan-gerakan dari kelompok lain pun turut menunjukkan diri, yang secara sistem baik formal maupun tidak dalam berbangsa, tujuannya untuk menegakkan syariat Islam,” bebernya.

Dia menilai, syariat Islam bisa berpotensi menimbulkan masalah baru atau perpecahan dalam berbangsa jika disampaikan dan didiskusikan secara menyimpang.

”Paham radikalisme itu bisa tumbuh karena dipicu berbagai situasi. Situasi ekonomi atau politik, sehingga membuat frustasi akan keadaan, itu bisa saja membangkitkan,” terangnya.

Dia menyampaikan, paham radikalisme tidak hanya mengatas namakan agama tertentu saja. sebab, pada dasarnya penyimpangan ideologi yang bersebrangan dengan negara merupakan hal yang salah.

”Oleh sebab itu, pemahaman ideologi Pancasila perlu ditanamkan dan diedukasi. Bahaya paham radikal juga harus disosialisasikan sejak dini,” bebernya.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru