Pahala Menahan Ujaran Kebencian


Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh LIPI bahwasanya intoleransi dan radikalisme di Indonesia mulai meningkat, tak pelak hal ini pun membahayakan dan mengkhawatirkan buat keragaman kehidupan masyarakat Indonesia yang sudah sangat toleran, bahkan akhir-akhir ini Yogyakarta yang terkenal dengan sebutan kota paling toleran pun sudah mulai diserang oleh paham intoleransi.

Dengan semakin meningkatnya paham intoleransi dan radikal yang berkembang di Indonesia sudah sepatutnya dicegah dan diantisipasi. Salah satunya caranya yaitu dengan mengajarkan agama secara baik dan benar.

Pemahaman ini bisa dimulai dari pengamalan hadist nabi yang berkaitan dengan permasalah ini. Bahwasanya nabi Muhammad pernah bersabda “ barang siapa memasuki waktu pagi tanpa mempunyai niat sedikitpun untuk menyakiti seseorang maka akan diampuni semua dosanya, dan barang siapa yang memasuki waktu pagi dan berniat untuk menolong orang yang tersakiti dan berusaha memenuhi kebutuhanya maka baginya seperti pahalanya orang yang berhaji mabrur”.

          Dari hadist ini bisa diambil beberapa ibroh diantara yaitu barang siapa berniat tidak menyakiti atau berusaha menahan ujaran kebencian maka baginya dosa yang terampuni. Salah satu yang bisa dilakukan yaitu diam ketika tidak mengetahui akar permasalahanya hal ini bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman yang berujung pada kebencian.

Hal berikutnya yang bisa dilakukan adalah menolong orang yang tersakiti atau dalam artian kita berusaha menahan orang lain untuk menebar kebencian yaitu dengan cara slalu menyebarkan konten-konten media social yang positif, mencoba menyaring sesuatu sebelum di share adalah sedikit cara yang bisa dilakukan untuk menolong orang yang tersakiti karena ujaran kebencian.

          Perlu diketahui bahwa menolong orang yang tersakiti, pahalanya seperti jahi yang mabrur. Padahal kita ketahui tiada balasan untuk haji mabrur kecuali surga.

           Dengan demikian menahan menahan ujaran kebencian dan berusaha menahan orang untuk melakukan ujaran kebencian adalah perintah nabi Muhammad yang harus dilaksanakan setiap muslim untuk menjaga dan memakmurkan isi dan penduduk bumi.

Baca Juga:  Sholat Di Tahun Baru

Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka