25 C
Jakarta

Orang Terkuat Menurut Nabi Muhammad, Siapa Itu?

Artikel Trending

Asas-asas IslamSirah NabawiyahOrang Terkuat Menurut Nabi Muhammad, Siapa Itu?
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Suatu ketika penulis bertemu dengan seorang pendekar dari perguruan silat terkemuka. Ini benar-benar pendekar dan bukan pendekar gadungan. Tak sabar ingin bertanya, penulis langsung layangkan pertanyaan. “Apa ujian terakhir untuk bisa menjadi pendekar dan setelah jadi pendekar mau seperti apa?”

Singkat cerita pendekar tersebut berkata, bahwa ujian terakhir menjadi pendekar adalah “tapa pendem”. Yaitu sebuah ujian dengan menjadikan tanah sebagai sifatnya. Misalnya tanah diinjak2 tidak melawan, akan tetapi tanah ini memberikan banyak manfaat seperti tumbuh buah-buahan dan sayuran. Di dalam tanah juga banyak mineral, selain itu tanah itu sebenarnya kuat, terbukti sekuat apapun arus listrik atau petir akan jadi netral ketika ketemu tanah, seberapa kuat kuman yang ada pada air liur anjing ketika bertemu dengan tanah juga akan netral.

Ternyata untuk menjadi pendekar, yang tentunya ampuh dalam bela diri harus juga mengamalkan sifat tanah. Tentunya hal ini juga seperti yang Nabi Muhammad sabdakan, bahwa orang terkuat bukanlah orang yang selalu menang dalam pertandingan gulat. Melainkan yang mampu menahan amarahnya ketika marah. Nabi Muhammad bersabda

BACA JUGA  Keutamaan Mencintai Nabi Muhammad

عَنْ الْحَارِثِ بْنِ سُوَيْدٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا تَعُدُّونَ الصُّرَعَةَ فِيكُمْ قَالُوا الَّذِي لَا يَصْرَعُهُ الرِّجَالُ قَالَ لَا وَلَكِنَّهُ الَّذِي يَمْلِكُ نَفْسَهُ عِنْدَ الْغَضَبِ. رواه ابو داود

Artinya: “Dari Abdullah bin Mas’ud, berkata, ‘Rasulullah Saw. bersabda, menurut kalian, siapa yang kalian anggap paling kuat?’ Para sahabat menjawab, ‘orang yang tidak terkalahkan dalam adu gulat.’ Beliau bersabda, ‘bukan itu, orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan dirinya saat marah.”

Dari hadis ini sangatlah jelas, bahwa orang yang terkuat menurut nabi Muhammad adalah orang yang mampu menahan amarahnya ketika marah. Marah pada hakikatnya memang sifat alami manusia ketika merasa ada sesuatu yang mengganjal, Namun demikian apabila ketika marah mampu mengendalikan amarahnya dan tidak meluap-luapkan maka orang tersebut akan menjadi orang terkuat.

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru