27.7 C
Jakarta

Musim Haji Tiba, Ini Doa Untuk Melepas Calon Jamaah Haji

Artikel Trending

Asas-asas IslamHadistMusim Haji Tiba, Ini Doa Untuk Melepas Calon Jamaah Haji
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Pemerintah Indonesia secara resmi telah mengumumkan bahwa ibadah haji tahun 1444 H atau 2022 M akan dilaksanakan. Haji adalah ibadah utama dalam Islam yang paling ditunggu-tunggu, terlebih setelah 2 tahun pelaksanaan ibadah haji ditunda karena pandemi covid 19. Dibukannya pelaksanaan haji tahun ini disambut dengan gegap gempita oleh masyarakat Islam di Indonesia. Pada biasanya, orang yang akan menyelenggarakan ibadah haji akan melakukan Walimatus Safar dengan mengundang kerabat. Dan berikut doa yang dibaca untuk melepas calon jamaah haji berangkat menuju makkah.

Rasulullah dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Ahmad menganjurkan umatnya untuk membaca doa  untuk melepas calon jamaah haji berangkat.عَنْ سَالِمِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ كَانَ أَبِى عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ إِذَا أَتَى الرَّجُلَ وَهُوَ يُرِيدُ السَّفَرَ قَالَ لَهُ ادْنُ حَتَّى أُوَدِّعَكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُوَدِّعُنَا فَيَقُولُ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ

Artinya: “Dari Salim bin Abdillah, ia berkata, ketika seseorang yang hendak berangkat safar datang kepada Abi Abdullah bin Umar, ia mengatakan, “mendekatlah padaku, aku akan mendoakanmu sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mendoakan kami (yang artinya): Aku menitipkan agamamu, amanahmu dan perbuatan terakhirmu kepada Allah” (HR. Ahmad)

BACA JUGA  Anjuran Rasulullah Saat Masuk Rumah Agar Rezekinya Melimpah

Dalam hadis riwayat Abu Daud juga dianjurkan untuk membaca doa melepas calon jamaah haji berangkat

إِذَا أَرَادَ أَنْ يَسْتَوْدِعَ الْجَيْشَ قَالَ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكُمْ وَأَمَانَتَكُمْ وَخَوَاتِيمَ أَعْمَالِكُمْ

Artinya:  “Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi membekali (memberangkatkan) pasukan, beliau mendoakan (yang artinya): Aku menitipkan agama kalian, amanah kalian dan perbuatan terakhir kalian kepada Allah” (HR. Abu Daud)

Dari hadis ini menjadi jelas bahwa seseorang yang akan melepas jamaah haji dianjurkan untuk membaca sebuah doa. Yaitu

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكُمْ وَأَمَانَتَكُمْ وَخَوَاتِيمَ أَعْمَالِكُمْ

Artinya: “Aku menitipkan agama kalian, amanah kalian dan perbuatan terakhir kalian kepada Allah”

Semoga dengan membaca doa melepas calon jamaah haji ini, kita semua akan dimudahkan oleh Allah untuk menunaikan ibadah haji, Amin.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru