28.9 C
Jakarta

Milisi Gaza dan Israel Saling Serang Rudal Iron Dome

Artikel Trending

AkhbarInternasionalMilisi Gaza dan Israel Saling Serang Rudal Iron Dome
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Gaza – Kelompok milisi di Gaza , Palestina, menyerang Israel dengan dua roket yang bersela beberapa jam pada Senin (13/9/2021). Militer Zionis mengaktifkan sistem rudal Iron Dome dan membalas serangan tersebut.

Militer Zionis mengatakan kedua roket musuh dicegat oleh sistem Iron Dome.

Serangan roket kedua datang saat Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menyerang basis Hamas di Jalur Gaza, sebagai pembalasan atas serangan roket yang pertama.

Belum jelas apakah Hamas pelaku serangan kedua roket tersebut. Namun, Zionis tetap menyalahkan kelompok itu karena sebagai pihak yang mengontrol wilayah kantong Palestina tersebut.

IDF, seperti dikutip Times of Israel, mengatakan serangan udanya menghantam empat kompleks Hamas yang digunakan untuk pelatihan militer, di samping bengkel senjata dan pintu masuk ke terowongan bawah tanah.

IDF serangan pada Minggu tengah malam hingga dini hari tadi merupakan serangan untuk tiga hari berturut-turut. Semua serangan roket menargetkan wilayah Israel selatan.

Setelah roket kedua, Angkatan Udara Israel menyerang beberapa sasaran Hamas lagi, termasuk mesin berat yang mencoba menjatuhkan pesawat tempur.

BACA JUGA  Takut pada Taliban, 400 Tentara Pasukan Khusus Afghanistan Ngumpet

Pada Minggu pagi, sirene tanda adanya serangan roket meraung-raung di seluruh komunitas Israel di dekat perbatasan Gaza serta di Sderot. Suara sirene itu membuat ribuan orang berlarian mencari tempat perlindungan anti-bom. Tiga warga Israel terluka ringan saat mereka mencari perlindungan.

Seperti pada dua malam sebelumnya, tidak ada kelompok Palestina yang secara terbuka bertanggung jawab atas rentetan serangan roket tersebut.

Hamas telah memerintah Gaza sejak 2007, ketika faksi Islam itu menaklukkan wilayah tersebut dari saingannya, Fatah, dalam perang saudara yang brutal. Israel dan Mesir telah memberlakukan blokade ketat di daerah kantong sejak itu, dalam upaya untuk melemahkan Hamas.

Sejak eskalasi 11 hari pada Mei lalu, Israel telah memberlakukan pembatasan yang lebih ketat pada daerah kantong Palestina yang sudah diblokade tersebut. Israel juga memblokir aliran subsidi tunai Qatar ke Jalur Gaza, yang sebelumnya diizinkan dengan imbalan ketenangan di sepanjang perbatasan selatannya.

Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru