30.5 C
Jakarta

Menjadi Manusia Yang Paling Dicintai Allah Dengan Perbanyaklah Amalan Sunah

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahMenjadi Manusia Yang Paling Dicintai Allah Dengan Perbanyaklah Amalan Sunah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Suatu hal yang menjadi fitrah manusia adalah ingin selalu dicintai oleh yang dicintainya. Dan tentu juga menjadi fitrah manusia juga untuk selalu dicintai oleh Rabb-Nya, Allah Swt. Tentu untuk bisa selalu dicintai oleh Allah, manusia harus berikhtiar dengan selalu melaksanakan perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Selain itu, amalan yang paling mujarab untuk menjadi kekasih Allah adalah dengan memperbanyak amalan sunah.

Nabi Muhammad dalam sebuah hadisnya bersabda bahwa memperbanyak amalan sunah salah satu cara untuk bisa dicintai oleh Allah.

وَمَا يَزَالُ عَبْدِي يَتَقَرَّبُ إِلَيَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ: كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِي يَسْمَعُ بِهِ، وَبَصَرَهُ الَّذِي يُبْصِرُ بِهِ، وَيَدَهُ الَّتِي يَبْطِشُ بِهَا، وَرِجْلَهُ الَّتِي يَمْشِي بِهَا، وَإِنْ سَأَلَنِي لَأُعْطِيَنَّهُ، وَلَئِنِ اسْتَعَاذَنِي لَأُعِيذَنَّهُ

Artinya: “Dan hamba-Ku terus-menerus mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan sunah, sampai Aku mencintainya. Jika Aku sudah mencintainya, Aku menjadi pendengaran yang dia gunakan untuk mendengar, menjadi penglihatan yang dia gunakan untuk melihat, menjadi tangan yang dia gunakan untuk memegang, dan menjadi kaki yang dia gunakan untuk berjalan. Jika dia meminta kepada-Ku, sungguh akan Aku beri. Jika dia meminta perlindungan kepada-Ku, sungguh akan Aku lindungi.“

BACA JUGA  Hati-Hati Godaan Setan Saat Bangun Tidur

Perhatikanlah hadis ini dengan seksama, cara mendekat kepada Allah yang bisa menjadikan Allah cinta kepada hamba adalah dengan memperbanyak amalan sunah. Dalam hadis juga disebutkan, jika Allah sudah mencintai hamba, maka lihatlah betapa kemuliaan yang akan didapat. Yaitu Allah akan menjadi perpanjangan dari pendengarannya, penglihatannya, tangannya dan kakinya. Tentu ini adalah kemuliaan yang luar biasa. Dalam hadis ini juga disebutkan, jika seorang hamba meminta perlindungan maka Allah akan melindunginya.

Tentu harus diingat juga, bahwa memperbanyak amal sunah untuk bisa dicintai oleh Allah ini. Setelah seorang hamba melaksana kewajiban-kewajibannya seperti sholat, zakat, puasa, dan haji. Dan tentu salah besar, jika seseorang memperbanyak amalan sunah akan tetapi meninggalkan kewajiban.

Walhasil, jika ingin menjadi manusia yang paling dicintai oleh Allah, perbanyaklah amalan sunah. Wallahu A’lam

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru