25.7 C
Jakarta

Lapangan Kerja Mampu Menjadi Solusi untuk Kurangi Gerak Terorisme

Artikel Trending

AkhbarNasionalLapangan Kerja Mampu Menjadi Solusi untuk Kurangi Gerak Terorisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta-Terorisme dinilai bisa tumbuh subur di kalangan yang hidup dalam kemiskinan. Sepanjang ada jurang yang lebar antara kekayaan dan kemiskinan, terorisme berpotensi hidup. Salah satu cara mengurangi gerak terorisme adalah dengan menciptakan lapangan kerja.

“Yang mendasar saya kira adalah bahwa aksi-aksi ataupun gerakan gerakan ini dalam sejarahnya sejak abad ke-18, pra abad ke-18 juga sudah ada, aksi-aksi yang mereka lakukan ini adalah umumnya disebabkan karena ketidakpuasan terhafdap situasi,” kata Sugiono, Anggota Fraksi Gerindra di MPR dalam sebuah diskusi di Presroom DPR, Senin (6/12/2021).

Menurutnya, lahan yang subur untuk aksi-aksi ini adalah di mana ada kemiskinan. Hal itu kerap membuat ketidakpuasan atas situasi terjadi.

Ketidak puasan masyarakat atas kebijakanpemerintah dan atua dengan kondisi sosial yang ada maka bisa menunjang merajanya gerakan radikalisme tan terorisme. Karenanya, mengentas kemiskinan dnegna cara memberi lapangan pekerjaan menjadi salah satu solusi untuk  menangani radikalisme.

BACA JUGA  Ketua Umum PBNU Apresiasi Penetapan Bahar bin Smith Sebagai Tersangka Terorisme

“Karena ya tentu saja sepanjang ada ketidakadilan, sepanjang ada kemiskinan, sepanjang ada jurang jurang yang lebar antara yang miskin dan kaya, kita sebenarnya masih punya lahan dimana orang-orang ataupun komunitas-komunitas seperti ini bisa tumbuh dan berkembang,” bebernya.

Maka itu, menurut Sugiono, menjadi penting untuk siapapun berupaya menghilangkan ataupun mengurangi lahan-lahan subur dimaksid.

“Artinya kita harus mengurangi kemiskinan, penciptakan lapangan pekerjaan, perbaikan penghasilan kemudian mengurangi pemisah antara yang kaya dan miskin dan hal-hal yang sifatnya meningkatkan kesejahteraan,” pungkasnya.

Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru