Keutamaan Ka’bah Yang Perlu Diketahui


Ka’bah adalah bangunan berbentuk kubus yang paling dirindukan oleh setiap umat Islam diseluruh dunia dari masa ke masa. Banyak alasan yang mendorong kerinduan umat Islam terhadap bangunan yang berbentuk kubus ini. diantara yaitu bangunan ini merupakan kiblat bagi umat Islam ketika melaksanakan sholat, jadi seluruh umat Islam mengahadapkan wajahnya ke Ka’bah minimal lima kali dalam sehari.

Bangunan ini juga merupakan bangunan yang pertama kali dibangun oleh Allah di muka bumi, Allah berfirman dalam surat Al-Imron ayat 96-97 yang berbunyi 

Sesungguhnya, rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadah) manusia ialah Baitullah di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia. Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barang siapa memasukinya menjadi amanlah dia. Mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah. Yaitu, (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barang siapa mengingkari (kewajiban haji), sesungguhnya Allah Maha Kaya dari semesta alam

Ali bin Abi Thalib menyatakan, ”Allah SWT memerintahkan para malaikat-Nya untuk membangun Baitullah di muka bumi dan melaksanakan tawaf di sana. Peristiwa tersebut terjadi sebelum Adam diturunkan ke bumi. Setelah turun, Adam menyempurnakan bangunannya dan bertawaf di sana dan juga para nabi setelahnya. Kemudian, pembangunan Baitullah tersebut dilaksanakan kembali dan disempurnakan oleh Nabi Ibrahim AS bersama putranya, Ismail.”

Melaksanakan ibadah di hadapan Ka’bah atau di Masjidil Harom, masjid dimana bangunan ka’bah berada memiliki keutamaan yang luar biasa, Nabi Muhammad bersabda “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Dan Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.

Hal ini menunjukan bahwa ka’bah adalah bangunan yang memiliki kemulian yang sangat tinggi bagi umat Islam. Nabi Muhammad juga bersabda bahwasanya Allah menurunkan setiap harinnya 120 rahmatnya kepada ahli Makkah, 60 pahala untuk yang melaksanakan tawaf, 40 diperuntukan untuk orang yang beriktikaf disekitar Ka’bah, 20 pahala diperuntukan bagi orang yang melihat Ka’bah.

Disamping itu Nabi Muhammad bersabda bahwa bahwasanya Nabi Nuh, Nabi Hud, Nabi Su’aib dan Nabi Sholeh itu makamnya berada diantara Hajar Aswad, Makam Ibrahim dan Sumur Zam-Zam. Para Ulama juga juga menyatakan bahwa disekitar Ka’bah terdapat 99 makam nabi, termasuk makam Nabi Ismail.

Demikian keutamaan Ka’bah yang perlu diketahui, semoga kita semua diperkenankan oleh Allah Untuk bisa mengunjunginya, Amin.

Baca Juga:  Nasihat Emas di Masa Muda


Like it? Share with your friends!

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka