26.1 C
Jakarta
Array

Ketua MK: Pancasila Tonggak Keberagaman di Indonesia

Artikel Trending

Ketua MK: Pancasila Tonggak Keberagaman di Indonesia
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Solo. Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat mengatakan Pancasila merupakan ideologi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Pancasila juga disebut sebagai tonggak keberagaman yang ada di Indonesia

“Pancasila ideologi negara Indonesia dengan keberagaman yang dimiliki tersebut. Atas hal itu pula, Pancasila adalah tonggak keberagaman yang ada di Indonesia,” ujar Arief dalam rangkaian Simposium MK se-Asia di kampus UNS, Solo, Rabu (9/8/2017).

Arief menegaskan keberagaman di Indonesia merupakan suatu keniscayaan. Ada ribuan suku dan lebih dari 17 ribu pulau yang ada di Indonesia.

“Tema yang relevan simposium kali ini terutama bagi Indonesia yang memiliki tinggi tingkat keberagamannya. 1.128 suku bangsa ada lebih 17 ribu pulau. Ada keanekaragaman agama, keyakinan dan budaya, adat istiadat namun hari ini tetap berada dalam bingkai NKRI,” tutur Arief.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan momentum ini menjadi penting bagi Indonesia sebab dua hal. Pertama, hak setiap warga negara harus dijamin secara konstitusional dan hakim MK harus bisa menjadi penjaga ideologi negara.

“Pertama terkait dengan hak warga negara konstitusional dijamin dan simposium nanti bisa merumuskan hakim konstiusi untuk menjaga ideologi negara,” kata Ganjar.

Ganjar juga sempat memaparkan bahwa di Solo ini Presiden Jokowi pernah menjadi Wali Kota. Dia pun menuturkan bahwa Solo adalah salah satu tempat yang memiliki kekayaan budaya di Indonesia.

“Solo sebagai satu pilihan adalah pilihan yang tepat karena di sni untuk makan enak, di sini tempat seni dan budaya tumbuh,” tutur Ganjar.

Detik.com

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru