25.6 C
Jakarta
Array

Kepolisian Malaysia Menahan 45 Militan Asing

Artikel Trending

Kepolisian Malaysia Menahan 45 Militan Asing
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Kuala Lumpur. Kepolisian Malaysia telah menahan sekitar 45 militan asing dalam serangkaian operasi penangkapan sejak Januari hingga Oktober.

Yang terbaru adalah kepolisian Malaysia menahan seorang remaja 18 tahun di negara bagian Kelantan karena terbukti membuat bom.

“Terlalu dini untuk membeberkan kejadiannya, tapi nanti akan dirilis pernyataan soal itu,” kata Kepala Polisi Nasional Malaysia, Fuzi Harun, dikutip dari Strait Times, Sabtu 14 Oktober 2017.

Berdasarkan penyelidikan Malaysia, militan yang bergabung dengan Islamic State (ISIS) telah diinstruksikan untuk menyusup ke negara lain.

“Kami juga menemukan kerja sama ISIS dengan anggota Abu Sayyaf yang mendiami Filipina Selatan dan mengirimkan militannya ke Malaysia untuk melancarkan serangan,” ungkap dia.

Fuzi menambahkan, keberhasilan polisi adalah kerja sama dengan intelijen asing dan lembaga penegak hukum. Polisi Malaysia juga akan terus memantau dan mengambil tindakan terhadap militan asing dan memastikan semua rencana penyerangan di Malaysia, gagal.

Sementara itu, dari 45 militan asing yang ditangkap, 31 di antaranya adalah anggota ISIS dengan tiga komandan ISIS yang pernah tinggal di Irak. Dan sisanya adalah anggota dari Abu Sayyaf, Organisasi Teroris Fetullah, satu militan Albania yang berafiliasi dengan ISIS dan satu lagi terkait dengan Jamaatul Mujahidin.

Sejauh ini, 13 orang telah dibawa ke pengadilan, 12 orang dideportasi ke negara masing-masing dan tujuh orang dibebaskan karena tak terbukti, satu orang ditahan dan terjerat UU Terorisme, serta 12 lainnya masih dalam penyelidikan.

(WIL)

Metrotvnews.com

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru