31.5 C
Jakarta

Keistimewaan Nabi Muhammad Yang Perlu Diketahui

Artikel Trending

Asas-asas IslamSirah NabawiyahKeistimewaan Nabi Muhammad Yang Perlu Diketahui
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Nabi Muhammad adalah manusia paripurna. Manusia yang dipilih oleh Allah untuk menjadi Nabi dan menyampaikan risalah Ilahi. Tentu sebagai penyampai risalah ilahi, Nabi Muhammad adalah manusia pilihan yang memiliki keistimewaan. Dan berikut beberapa keistimewaan Nabi Muhammad yang wajib diketahui

Pertama, hatinya Nabi Muhammad selalu terjaga, Walaupun matanya tertidur

إِنَّ عَيْنَيَّ تَنَامَانِ وَلَا يَنَامُ قَلْبِي

Artinya: “Sesungguhnya walau kedua mataku tidur, tetapi hatiku tidak tidur,’” (HR. Malik).

 

Kedua, Jika Nabi Muhammad berjalan di bawah cahaya, maka tidak memiliki bayangan. Ibnu Sa’b menjelaskan bahwa diantara keistimewaan Nabi adalah tidak memiliki bayangan, karena Nabi Muhammad sendiri adalah cahaya.

وقال ابن سبع رحمه اللَّه تعالى: في خصائصه: إن ظله صلى اللَّه عليه وسلم كان لا يقع على الأرض وإنه كان نوراً وكان إذا مشى في الشمس أو القمر لا يظهر له ظل.

Artinya: “Ibnu Sab’ menyebutkan beberapa keistimewaan Nabi saw. Di antaranya bayangan beliau tidak tampak pada tanah. Pasalnya, beliau adalah cahaya. Sehingga jika beliau berjalan di bawah sinar matahari atau cahaya bulan, tidak akan tampak bayangan padanya. (Lihat: Subulul-Huda war-Rasyad, juz 2, halaman 90).

BACA JUGA  Hikmah Nabi Muhammad Dilahirkan di Hari Senin

Ketiga, Nabi Muhammad tidak pernah menguap. Nabi sendiri menerangkan bahwa menguap itu berasal dari setan.

التَّثَاؤُبُ مِنَ الشَّيْطَانِ، فَإِذَا تَثَاءَبَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرُدَّهُ مَا اسْتَطَاعَ، فَإِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا قَالَ: هَا، ضَحِكَ الشَّيْطَانُ

Artinya: “Menguap itu berasal dari setan. Jika salah seorang dari kalian menguap, maka tahanlah semampu mungkin. Sesungguhnya, jika salah seorang dari kalian berkata ‘hah’, maka setan tertawa, (HR. Bukhari).

Keempat, semua kotoran Nabi diserap bumi, Dalam sebuah hadis diterangkan,

Artinya: “Laila, pelayan Siti Aisyah, pernah bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasul, setiap engkau keluar tempat buang hajat, aku memasukinya. Namun, aku tidak mendapati apa-apa.” Beliau menjawab, “Sesungguhnya kami, wahai golongan para nabi, tubuh kami tumbuh pada ruhnya para penghuni surga. Kotoran apa pun yang keluar dari kami, pasti akan diserap bumi.”

Demikian beberapa keistimewaan Nabi Muhammad yang harus diketahui.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru