25.7 C
Jakarta

Jadikan Masjid sebagai Pusat Perlawanan Penyebaran Covid-19

Artikel Trending

KhazanahTelaahJadikan Masjid sebagai Pusat Perlawanan Penyebaran Covid-19
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Masyarakat sepertinya melihat masjid masih sebagai tempat ibadah ritual semata. Akibatnya terjadi benturan antara protokol penanganan covid dan aktivitas masjid, karena masjid jadi tempat berkumpulnya masyarakat.

Alangkah bagus kalau institusi masjid jadi pusat perlawanan terhadap covid, misalnya pusat edukasi kesehatan masyarakat. Bukankah ini juga bentuk ibadah juga?

Takmir dan jamaah bisa saling berbagi panduan secara online, berbagi dukungan, bahkan hisa menjadi sarana saling bantu secara ekonomi. Tentu semua itu sangat bisa dilakukan dengan tetap mengindahkan prosedur keselamatan bersama.

Jadi masjid bukan sebagai tempat, tapi sebagai jaringan jamaah. Tidak berkumpul.

Kalau yang tahlil, bisa tahlil online. Atau tadarusan online. Kuliah keagamaan bisa pakai zoom atau sarana lain… tetap dalam lingkup jamaah masjid itu.

BACA JUGA  Kekerasan Seksual Terjadi Karena Bejatnya Pelaku, Tidak Ada Hubungannya dengan Agama Pelaku

Misal ada jamaah yang kolaps secara ekonomi, jaringan jamaah bisa saling bantu.. dijalankan oleh takmir. Dan seterusnya dan seterusnya… saya yakin itulah esensi masjid, sebagai jaringan jamaah, bukan sebagai tempat saja.

dr. Alim, Direktur Institute of Disaster and Emergency Medicine (I-DEM)

 

Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru