28.9 C
Jakarta

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Suriah Melalui Wilayah Udara Lebanon

Artikel Trending

AkhbarInternasionalIsrael Lancarkan Serangan Udara ke Suriah Melalui Wilayah Udara Lebanon
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Beirut – Sejumlah media lokal Lebanon melaporkan bahwa Israel telah melakukan beberapa serangan udara melalui wilayah udara negara terhadap sejumlah target di Suriah .

Laporan serangan yang dilakukan oleh Israel dikonfirmasi oleh media pemerintah Suriah, mengatakan bahwa pertahanan udara negara itu telah menangkal target di langit Damaskus. Serangan itu diluncurkan dari wilayah udara Ibu Kota Lebanon Beirut.

Serangan udara Israel di Suriah telah menargetkan pedesaan utara Damaskus, bandara militer Mezzeh, Homs, dan wilayah Qalamoun seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (20/9/2021).

Stasiun televisi Ekhbariya milik negara Suriah dan kantor berita negara SANA melaporkan pertahanan udara negara itu menghadapai “agresi Israel” di pedesaan Damaskus.

“Musuh (kita) Israel melakukan agresi udara malam ini dengan semburan rudal dari arah tenggara Beirut di Lebanon dan menargetkan beberapa titik di sekitar kota Damaskus serta sekitar kota Homs,” kata sebuah sumber militer Suriah dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters.

Pernyataan Suriah mengatakan pertahanan udaranya menghadapi rudal agresi dan menembak jatuh sebagian besar dari mereka, dan hasil agresi sekarang sedang diaudit.

Pesawat-pesawat Israel dan rudal-rudal yang diluncurkan telah terdengar di seluruh Lebanon.

BACA JUGA  Israel Usulkan Rencana Ekonomi untuk Keamanan Gaza

Menteri Pertahanan Lebanon Zeina Akar mengutuk serangan itu. Ia mengatakan bahwa serangan itu secara terang-terangan melanggar wilayah udara Lebanon di ketinggian rendah, menyebabkan kepanikan di antara warga.

Dia mengatakan serangan itu melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB 1701 untuk menyelesaikan perang Lebanon 2006 dan dia meminta PBB untuk mencegah Israel melakukan serangan udara di Suriah menggunakan wilayah udara Lebanon. Akar mengatakan dia telah mengirim pengaduan ke PBB.

Sementara itu Direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan bahwa setidaknya tiga rudal Israel menargetkan situs dan gudang senjata Hizbullah Lebanon di Qalamoun di sekitar pedesaan Damaskus dekat perbatasan administratif dengan provinsi Homs.

Menurut platform pelacakan wilayah udara Intel Sky, beberapa penerbangan sipil yang mendarat di Beirut telah ditunda atau tertunda karena serangan Israel dari wilayah udara Lebanon.

Penerbangan Middle East Airlines ME419 yang datang dari Abu Dhabi mendarat dengan selamat di Bandara Beirut setelah mengubah jalurnya dan tertunda akibat serangan udara Israel di Suriah.

Hal yang sama juga dilakukan pesawat dari maskapai Pegasus Turki, kata Fadi Alhassan, penjabat manajer umum untuk otoritas penerbangan sipil Lebanon.

Militer Israel menolak mengomentari serangan yang dilaporkan di Suriah.

 

Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru