32.5 C
Jakarta
Array

ISIS Sudah Kehilangan 87 Persen Wilayah yang Direbut 2014

Artikel Trending

ISIS Sudah Kehilangan 87 Persen Wilayah yang Direbut 2014
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Budapest. ISIS telah kehilangan hampir 90 persen wilayah yang mereka kuasai tahun 2014, ketika kelompok itu mendeklarasikan “kekhalifahan” yang meliputi Irak dan Suriah menurut koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Pengumuman koalisi itu muncul pada peringatan tiga tahun pembentukan koalisi dan saat pasukan Kurdi-Arab yang mereka dukung merebut bekas benteng ISIS di Raqa.

“Mitra kami telah menyingkirkan ISIS dari 87 persen wilayah yang pernah mereka kuasai dan membebaskan lebih dari 6,5 juta orang,” kata juru bicara koalisi Ryan Dillon di media sosial pada Selasa (17/10).

Menyerang dari sejumlah benteng yang mereka konsolidasikan di Irak dan terutama di Suriah yang dilanda perang, organisasi yang menamai diri “ISIS” itu menyapu jantung Sunni Arab Irak pada Juni 2014 dan menaklukkan sekitar sepertiga dari wilayah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan terpisah, koalisi yang dibentuk setelah mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama mengirim pesawat tempur ke Irak untuk menghentikan pembantaian ISIS terhadap minoritas Yazidi itu mengatakan bahwa mereka telah melatih hampir 120.000 tentara di Irak dan lebih dari 12.000 tentara di Suriah.

mereka memperkirakan 3.000 hingga 7.000 anggota ISIS masih aktif di kedua negara itu.

“ISIS kalah dalam segala hal. Kami telah menghancurkan jaringan mereka dan menyingkirkan pemimpin-pemimpin mereka di seluruh tingkatan,” kata Dillon sebagaimana dikutip kantor berita AFP.(hs)

Antaranews.com

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru