34.2 C
Jakarta

ISIS Konfirmasi Kematian Pemimpin, Umumkan Penggantinya

Artikel Trending

AkhbarInternasionalISIS Konfirmasi Kematian Pemimpin, Umumkan Penggantinya
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Raqqa – Islamic State of Iraq and Syria atau ISIS pada Kamis, 3 Agustus 2023, mengkonfirmasi kematian pemimpinnya Abu Hussein al-Husseini al-Quraishi. Abu Hafs al-Hashimi al-Quraishi ditunjuk sebagai penggantinya,

Itu tampaknya menjadi pengumuman resmi pertama kelompok militan itu tentang nasibnya sejak Presiden Turki Tayyip Erdogan mengatakan pada April bahwa pasukan intelijen Turki telah membunuhnya di Suriah. Erdogan mengatakan organisasi intelijen nasional Turki telah mengejar Quraisy sejak lama.

Juru bicara kelompok ISIS, dalam rekaman tak bertanggal yang dipublikasikan di saluran Telegramnya dan kemudian dilansir Reuters mengatakan, Quraishi tewas dalam baku tembak dengan Hayat Tahrir al Sham (HTS), kelompok Islam utama yang menguasai benteng oposisi terakhir di Suriah barat laut.

“Syekh (Quraishi), semoga Tuhan mengasihani dia, dibunuh setelah mereka (HTS) mencoba untuk menangkapnya. Dia bentrok dengan mereka dengan senjatanya sampai dia meninggal karena luka-lukanya,” kata juru bicara itu, menuduh Islamis saingannya sebagai kelompok bertindak sebagai agen intelijen Turki.

BACA JUGA  Putusan Sidang IJC Tidak Memberi Ketegasan Larang Genosida Israel terhadap Gaza

ISIS, organisasi teror yang pernah menguasai sepertiga Irak dan Suriah, tidak memberikan rincian tentang pemimpin baru itu.

Gerakan ini mencapai puncaknya pada 2014 ketika pimpinannya saat itu, Abu Bakr al-Baghdadi, menyatakan wilayah yang dikuasainya sebagai kekhalifahan.

Mereka dipukul mundur oleh musuh di kedua negara termasuk koalisi pimpinan AS. Baghdadi terbunuh selama operasi militer AS di Suriah pada 2019.

Abu Hussein al-Husseini al-Quraishi mengambil alih pada November 2022 setelah pendahulunya terbunuh, juga di Suriah. Militan ISIS terus melakukan serangan pemberontak di Suriah dan Irak.

Ribuan militan yang tersisa dalam beberapa tahun terakhir sebagian besar bersembunyi di pedalaman terpencil kedua negara, meskipun mereka masih mampu melakukan serangan tabrak lari.

Koalisi pimpinan AS bersama aliansi pimpinan Kurdi yang dikenal sebagai Pasukan Demokrat Suriah (SDF) masih melakukan serangan terhadap ISIS di Suriah.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru