25 C
Jakarta

Ini Hal Sederhana Yang Membuat Allah Sangat Ridho pada Kita

Artikel Trending

Asas-asas IslamAkhlakIni Hal Sederhana Yang Membuat Allah Sangat Ridho pada Kita
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Seluruh aktivitas kehidupan dunia ini, tentunya terbagi dalam dua hal. Pertama, aktivitas yang diizinkan oleh Allah untuk dilakukan dan yang kedua adalah aktivitas yang tidak boleh dilakukan. Tentunya untuk membuat Allah ridho, harus melakukan aktivitas-aktivitas yang diizinkan dan menjauhi segala aktivitas yang dilarang-Nya. Namun demikian, aktivitas yang diizinkan oleh Allah itu bertingkat-tingkat ada yang mudah dilakukan dan ada yang membutuhkan perjuangan untuk dilakukan. Dan berikut aktivitas kehidupan sederhana yang membuat Allah sangat ridho.

Nabi Muhammad Saw. Bersabda

عن أنس بن مالك قال: قال رسول الله إن الله ليرضى عن العبد أن يأكله الأكلة فيحمده عليها أو يشرب الشربة فيحمده عليها. (رواه المسلم)

Artinya: “Dari Anas Bin Malik, Ia berkata, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah sangat ridho kepada hambanya yang makan sebuah makanan lalu ia memuji-Nya atas makanan itu. Atau Ia minum sebuah minuman lalu ia memuji-Nya atas minuman itu.”.

BACA JUGA  6 Tips Menghindari Rasa Sombong Menurut Imam Al-Ghazali

Dari hadis ini bisa diketahui bersama bahkan makan dan minum adakah aktivitas yang amat sederhana yang pasti dilakukan oleh setiap manusia setiap harinya. Namun dibalik aktivitas yang sederhana ini, Allah akan sangat ridho kepada manusia apabila setelah melakukan makan atau minum, ia memuji-Nya atau berdoa kepada-Nya.

Sudah menjadi adab bahwa setelah makan dan minum setiap orang Islam untuk berdoa memuji-Nya. Dan aktivitas sederhana ini justru membuat Allah sangat ridho. Oleh karenanya wahai orang Islam di seluruh dunia, ayo setelah makan dan minum untuk membiasakan diri memuji dengan berdoa kepada-Nya.

Dalam redaksi hadis di atas, dibuka dengan kata (Inna) yang dalam gramatika bahasa Arab disebut huruf taukid yang bermakna kesungguhan. Dan setelah itu ditambah lagi huruf taukidnya berupa Lam pada kata Layardho. Ini menjadikan dobel kesungguhan. Jadi bisa diartikan Allah sangat sangat ridho terhadap hambanya yang memuji-Nya setelah melakukan makan dan minum. Wallahu A’lam Bishowab.

 

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru