34 C
Jakarta

Ini Doa Taubat Yang Dipanjatkan Nabi Adam As.

Artikel Trending

Asas-asas IslamSirah NabawiyahIni Doa Taubat Yang Dipanjatkan Nabi Adam As.
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Dalam Sejarah Agama, kita semua tahu bahwa ada suatu peristiwa yang menyebabkan bapak umat manusia, Yaitu Nabi Adam As. Diturunkan dari surga. Penyebabnya adalah bahwa Nabi Adam dan Hawa terbujuk setan untuk memakan buah yang dilarang oleh Allah Swt. Menyadari bahwa Nabi Adam telah melanggar apa yang dilarang oleh Allah, kemudian Nabi Adam memanjatkan sebuah doa taubat yang diabadikan dalam Al-Quran

Doa taubat yang dipanjatkan Nabi Adam As. Ini diabadikan dalam Al-Quran, Surat Al-A’raf ayat 23 yang berbunyi

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنفُسَنَا وَإِن لَّمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Rabbana zalamna anfusana wain lam taghfirlana watarhamna lanakunanna minal khasirin.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, kami telah berlaku zalim pada diri kami. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan mengasihi kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

At-Tabari menafsirkan doa ini sebagai doa penyesalan atas kesalahan yang dilakukan Nabi Adam dan Hawa. Beliau juga menjelaskan bahwa doa Nabi adam yang menyatakan “kami telah berlaku zalim pada diri kami” merupakan sebuah penegasan bahwa saat melakukan keburukan atau kesalahan, sejatinya merugikan diri sendiri, bukan merugikan Allah.

BACA JUGA  Ini Beberapa Model Rambut Rasulullah

Allah dalam banyak ayatnya menjelaskan bahwa jika manusia itu melakukan kebaikan, maka kebaikan itu untuk dirinya sendiri. Dan apabila melakukan dosa, maka dosa itu merugikan dirinya sendiri. Oleh karena itu, manusia yang merupakan tempatnya salah pasti pernah melakukan kesalahan baik itu yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Oleh karenannya memanjatkan doa taubat seperti doa taubat yang dipanjatkan Nabi adam adalah sebuah keharusan.

Semoga dengan memanjatkan doa taubat seperti yang dipanjatkan Nabi Adam tersebut, kita semua mendapatkan ampunan dari Allah Swt. Hanya ampunan Allahlah yang dapat menolong manusia dari siksa neraka. Dan hanya ampunan Allahlah yang akan mengantarkan manusia kepada surga.

Semoga kita semua bisa mengistikamahkan doa taubat yang dipanjatkan Nabi adam. Dan semoga pula lantaran membaca doa ini, kita semua akan mendapatkan ampunan-Nya dan berhak mendapatkan surga. Amin.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru