34 C
Jakarta

Ini Bacaan Doa Akhir Tahun 2020 dan Doa Awal Tahun 2021

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahIni Bacaan Doa Akhir Tahun 2020 dan Doa Awal Tahun 2021
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

“Doa adalah senjatanya orang beriman, tiangnya agama, serta cahaya bagi langit dan bumi”. Begitulah bunyi sabda Nabi Muhammad. Islam sebagai agama yang syumul, kaffah dan menyeluruh selalu mengajarkan pemeluknya berbagai doa dalam setiap aktifitas kehidupannya. Bahkan mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali tak pernah luput dari doa-doa. Tidak ketinggalan, Islam juga mengajarkan pemeluknya doa awal tahun dan doa akhir tahun sebagai senjata yang merupakan refleksi tahun sebelumnya dan resolusi untuk tahun berikutnya.

Tahun 2020 sudah tinggal sebentar lagi, sebagaimana diketahui bahwa tahun 2020 adalah tahun pandemi. Tahun menyebar luasnya virus Covid-19 ke berbagai belahan dunia, yang tentunya banyak sekali mengubah tatanan kehidupan manusia. Banyak sekali orang mengatakan bahwa tahun 2020 adalah tahun musibah, namun dibalik itu semua banyak sekali hikmah yang bisa dipetik. Oleh karenanya marilah tutup tahun 2020 dengan bacaan doa akhir tahun, semoga di tahun 2020 tersebut, kesalahan kita diampuni oleh Allah, dan pahala kebaikan kita dilipat gandakan oleh Allah, Amin. Berikut doa akhir tahun

Doa Akhir Tahun 2020

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ ,اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي السَّنَةِ المَاضِيَةِ وَلَمْ تَرْضَهُ، وَنَسِيْتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ، وَحَلُمْتَ عَنِّيْ مَعَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ؛ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَاءَتِيْ عَلَيْكَ, اَلَّلهُمَّ إِنِّي أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْ لِيْ اَلَّلهُمَّ وَمَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِيْ عَلَيْهِ الثَّوَابَ وَالغُفْرَانَ فَتَقَبَّلْهُ مِنِّيْ، وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ؛ وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Artinya: Atas nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan keselamatan bagi baginda Nabi Muhammad saw beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, amal yang telah ku perbuat selama satu tahun ini dan engkau tidak meridai, aku pun telah lupa akan hal itu padahal engkau tidak melupakannya. Engkau mengasihaniku padahal engkau mampu untuk menghukumku, engkau memerintahkanku untuk bertaubat padahal aku telah berbuat lancang pada-Mu. Ya Allah, aku memohon ampun dari semua yang telah kuperbuat, ampunilah aku. Ya Allah, terimalah amalku yang engkau ridai dan yang engkau janjikan pahala dan ampunan didalamnya. Wahai Dzat yang paling penyayang dan maha mulya, jangan engkau sia-siakan harapanku. Semoga Allah swt mencurahkan rahmat dan keselamatan bagi baginda Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan sahabatnya.

BACA JUGA  Diberi Cobaan Sakit, Berobatlah Dengan Surat Al-Fatihah

Doa Awal Tahun 2021

Satu harapan besar semua manusia di dunia pada tahun 2012 adalah hilangnya virus corona. Sehingga dengan itu bisa menjalani kehidupan seperti sedia kala. Disamping itu setiap manusia tentunya mempunyai harapan sendiri-sendiri di tahun baru, apapun harapan itu, semoga segera dikabulkan oleh Allah. Dan untuk membuka tahun 2021 agar lebih baik dan berkah, marilah awali tahun baru 2021 dengan membaca doa awal tahun. Tentunya doa ini dibaca setelah doa akhir tahun 2020

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، الحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلَأُ خَزَائِنَ اللهِ نُوْرًا، وَتَكُوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرَجًا وَفَرَحًا وَسُرُوْرًا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ تَسْلِيْمًا كَثِيْرًا. اَلَّلهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيْمُ الأَوَّلُ، وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمُ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ العَمِيْمِ المُعَوَّلِ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالِاشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى، يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ، وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.   

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang, segala puji hanya milik Allah yang mengatur alam semesta. Ya Allah, curahkanlah rahmat dan keselamatan atas baginda baginda Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan sahabatnya yang dapat memenuhi seluruh alam dengan cahaya, dan menjadi kegembiraan dan kebahagiaan bagi kami dan umat islam. Ya Allah, engkaulah yang maha abadi dan pertama kali. Dengan karunia-Mu yang agung dan kemurahan-Mu yang selalu diharapkan, inilah tahun baru telah datang. Aku memohon perlindungan untuk tahun ini dari godaan syetan dan pengikutnya. Serta memohon pertolongan dari nafsu yang terus mendorong pada kejahatan. Bantulah aku untuk berbuat amal yang dapat mendekatkan pada-Mu. Wahai dzat yang maha mulya. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan keselamatan atas baginda baginda Nabi Muhammad saw beserta keluarga dan sahabatnya”.

Demikianlah doa awal tahun dan doa akhir tahun, Semoga Bermanfaat, Amin.

 

 

 

Ahmad Khalwani, M.Hum
Ahmad Khalwani, M.Hum
Penikmat Kajian Keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru