30.5 C
Jakarta

Ini Amal Ibadah Terbaik Sesuai Sabda Nabi

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahIni Amal Ibadah Terbaik Sesuai Sabda Nabi
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Manusia dalam menjalani kehidupan dunia, sejak ia balig sampai meninggal dunia haruslah melakukan amal ibadah. Oleh karenanya aktivitas – aktivitas yang ia lakukan setiap harinya haruslah bernilai ibadah. Caranya tentu dengan selalu meniatkan segala aktivitas yang dilakukan untuk beribadah kepada Allah Swt. Dari semua amal ibadah yang dilakukan manusia, menurut Nabi ada amal ibadah terbaik yang mudah dilakukan.

Dalam hadisnya, Nabi Muhammad menjelaskan mengenai amal ibadah terbaik yang bisa dan mudah dilakukan manusia. Amal terbaik ini lebih baik bisa membuat Allah rida, menaikkan derajat, dan lebih baik juga daripada harta benda serta jihad. Amal terbaik ini adalah zikir kepada Allah.

(( أَلاَ أُنَبِّئُكُمْ بِخَيْرِ أَعْمَالِكُمْ وَأَرْضَاهَا عِنْدَ مَلِيكِكُمْ وَأَرْفَعِهَا فِي دَرَجَاتِكُمْ وَخَيْرٍ لَكُمْ مِنْ إِعْطَاءِ الذَّهَبِ وَالْوَرِقِ وَمِنْ أَنْ تَلْقَوْا عَدُوَّكُمْ فَتَضْرِبُوا أَعْنَاقَهُمْ وَيَضْرِبُوا أَعْنَاقَكُمْ؟ )) قَالُوا: وَمَا ذَاكَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (( ذِكْرُ اللَّهِ.))

Artinya: “Maukah saya kabarkan kepada kalian amalan yang paling baik dari amalan-amalan kalian, lebih diridai oleh Pemilik kalian, lebih meninggikan kalian dari derajat-derajat kalian, lebih baik daripada memberikan emas dan perak, serta lebih baik daripada kalian bertemu dengan musuh kalian, kalian penggal kepala-kepala mereka kemudian mereka memenggal kepala kalian?” Mereka pun berkata, “Apakah itu, ya Rasulullah!” Beliau berkata, “zikir kepada Allah.”

BACA JUGA  Ingin Akad Nikah Dengan Bahasa Arab, Ini Lafal Yang Harus Dibaca

Zikir tentu juga merupakan amal ibadah yang mudah dilaksanakan sekaligus mendatangkan pahala yang amat besar. Oleh karenanya Rasulullah menyebut zikir sebagai amal ibadah terbaik manusia. Selain itu, kata Nabi, zikir juga merupakan pokok dari rasa syukur kita kepada Allah

أن الذكر رأس الشكر، فما شكر الله تعالى من لم يذكره

Artinya, “Zikir adalah pokok syukur kepada Allah. Tidak bersyukur kepada Allah oleh mereka yang tidak berzikir,” [HR. Baihaki]

Zikir itu pondasi bersyukur, Dalam hadis ini, Rasulullah bahkan menguatkan lagi intonasinya, tidak bersyukur kepada Allah mereka yang tidak berzikir.

Walhasil, yuk berbanyak zikir dalam setiap aktivitas kita, Semoga memperbanyak zikir, kita bisa meraih surganya Amin.

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru