30 C
Jakarta

Ini Alasan Kenapa Pusat Gerakan Hizbut Tahrir Dunia Ada di Inggris?

Artikel Trending

AkhbarNasionalIni Alasan Kenapa Pusat Gerakan Hizbut Tahrir Dunia Ada di Inggris?
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta-Tidak banyak yang tahu kalau pusat gerakan Hizbut Tahrir dunia ada di negara Inggris, negara yang jelas tidak memakai sistem khilafah, alias kafir harbi. Selain HT, pusat pergerakan Ikhwanul Muslimin (IM) dan Ahmadiyah juga ada di London, Inggris. Mengapa begitu?

Pengamat gerakan Islam radikal, Ayik Heriyansyah mengungkap alasan-alasan Inggris melindungi gerakan-gerakan radikal Islam yang di negeri asal lahirnya saja ditolak habis. Menurut Ayik, Inggris memiliki kepentingan untuk membuat gerakan yang selama ini dilindungi sebagai cara untuk dijadikan kekuatan penyeimbang, oposisi, atau pengacau bagi dominasi dan kepentingan rival utamanya, yakni Amerika.

“Inggris saudara tua Amerika yang pernah menjadi negara Super Power. Inggris menyimpan ambisi untuk mengembalikan supremasi Pax Britanica. Namun kehalang Amerika. Tapi Inggris tidak menunjukkan secara terbuka rivalitasnya kepada Amerika. Inilah alasan HT, Ahmadiyah dan IM punya markaz di London,” kata Ayik yang juga mantan Ketua HTI Provinsi Babel, Ahad (18/11/2018) siang.

BACA JUGA  Polda Metro Jaya Sebut Tim Khusus Tengah Bekerja Tangani Khilafatul Muslimin

Untuk kepentingan itulah, Inggris mau menfasilitasi gerakan atau organisasi Islam dengan mengizinkan London menjadi markas. “Inggris memandang gerakan/organisasi tersebut bisa dijadikan proxi,” lanjut Ayik. [Sfa]

 

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru