25.1 C
Jakarta

Indonesia adalah Surga bagi Kita Semua

Artikel Trending

Islam dan Timur TengahIslam dan KebangsaanIndonesia adalah Surga bagi Kita Semua
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Hari ini adalah hari yang paling penting bagi bangsa Indonesia. Pada hari ini bangsa ini diajak untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan Indonesia melawan penjajahan. Para pahlawan ini mengabdikan dirinya hanya untuk Indonesia. Sehingga, kemerdekaan dari penjajahan benar-benar digapai di negara merah putih ini.

Di tengah kemerdekaan ini saya ingin mengajak Anda (terlebih bangsa Indonesia) untuk merefleksikan makna bait-bait Pancasila. Pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Pada bait pertama ini bangsa ini diajak untuk bertuhan yang menunjukkan bahwa bangsa ini bukan siapa-siapa, melainkan hanya makhluk yang lemah. Sehingga, tidak pantas congkak dan menyombongkan diri.

Pentingnya bertuhan akan dapat mengantarkan bangsa ini menghargai perbedaan agama. Karena, agama apapun selagi bertauhid atau mengesakan Tuhan makan ia dapat dibenarkan. Jadi, tidak boleh masing-masing bangsa ini bertengkar karena perbedaan agama. Tidak boleh merendahkan kepercayaan agama lain, karena semua agama ini memiliki kebenaran bagi pemeluknya.

Kedua, Kemanusiaan yang adil dan beradab. Bait kedua dari ideologi negera ini menggambarkan pentingnya menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai baik ini mulainya banyak dilupakan oleh bangsa ini. Banyak bangsa yang mengutamakan kepentingan dirinya sendiri dibandingkan kepentingan kemanusiaan. Gus Dur adalah satu di antara ulama yang cukup memperhatikan tegaknya kemanusiaan.

BACA JUGA  Cara Kelompok Radikal Memahami Pesan-Pesan dalam Al-Qur'an

Ketiga, Persatuan Indonesia. Di tengah perbedaan, mulai pemikiran sampai keyakinan, bangsa ini diajak untuk tetap memegang erat persatuan. Pentingnya menegakkan persatuan sebenarnya bagian dari ajaran agama. Karena, dengan bersatu bangsa ini menjadi kokoh. Tidak mudah dipengaruhi para penjajah yang menyusup ke dalam negeri ini.

Keempat, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat dalam kebijaksanaan, permusyawaratan, perwakilan. Bait keempat ini menunjukkan pentingnya kehadiran rakyat di tengah negeri ini. Tanpa rakyat negara ini tidak bakal berdiri. Karena, Demokrasi sendiri memiliki hubungan erat dengan peran rakyat. Perlu mempertimbangkan masukan dari rakyat terkait masa depan negara ini.

Kelima, Keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Adil ini adalah menempat sesuatu pada tempatnya. Sebagai negara hukum Indonesia tidak memandang siapa yang salah. Pemerintah ataupun rakyat jika bersalah maka akan disanksi sesuai dengan kesalahannya. Maka, hukum tidak memihak kepada yang berkuasa. Semuanya sama di mata Indonesia.

Sebagai penutup, Anda sebagai bangsa harus banyak bersyukur lahir dan dibesarkan di Indonesia. Negara ini menjadi surga bagi Anda. Anda hidup penuh merdeka. Tanpa diatur oleh yang berkuasa. Semua memiliki hak untuk bersuara dan bersikap. Selamat merdeka Indonesia ke-77![] Shallallah ala Muhammad.

Khalilullah
Khalilullah
Penulis kadang menjadi pengarang buku-buku keislaman, kadang menjadi pembicara di beberapa seminar nasional

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru