28.7 C
Jakarta

Idul Adha, 17 Orang Tewas Akibat Bom di Afghanistan

Artikel Trending

Harakatuna.com. Kabul-Setidaknya 17 orang tewas di Afghanistan akibat bom mobil di provinsi Logar. Ledakan itu terjadi menjelang gencatan senjata yang diumumkan oleh Taliban selama Idul Adha. Pasalnya beberapa hari lalu pemerintah Afghanistan menghimbau agar aparat kemanan lebih dimaksimalkan lagi untuk mengantisipasi terjadinya kegaduhan dan serangan di momentum Idul Adha ini.

Taliban telah membantah bertanggung jawab atas serangan itu, sementara ISIS belum berkomentar. “Serangan itu diyakini dilakukan oleh seorang pembom bunuh diri,” kata Dedar Lawang, juru bicara gubernur Logar dilansir BBC, Jumat (31/7).

Akibat bom yang meledakan itu terjadi di dekat kantor gubernur  banyak orang berbelanja untuk lebaran kalangkabut. “Teroris sekali lagi menyerang pada malam Idul Adha dan membunuh sejumlah warga negara kita,” kata juru bicara kementerian dalam negeri Tariq Arian.

BACA JUGA  Bersama Turki Irak Akan Lenyapkan Semua Teroris PKK

Taliban Tidak Akan Bertanggungjawab Kerusakan Akibat Bom Idul Adha

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan serangan itu tidak ada hubungannya dengan kelompok itu. Taliban dan pemerintah Afghanistan telah menyetujui gencatan senjata tiga hari mulai Jumat (31/7) yang merupakan hari pertama Idul Adha.

Ada harapan gencatan senjata permanen tetapi pembicaraan damai telah tertunda karena pertukaran tahanan. Sebuah kesepakatan dibuat bahwa pemerintah akan membebaskan 5.000 tahanan Taliban dengan imbalan 1.000 personel keamanannya.

Pemerintah Afghanistan telah membebaskan lebih dari 4.400 tahanan Taliban, sementara juru bicara gerilyawan mengatakan pada Kamis (30/7) bahwa total 1.005 tahanan pemerintah kini telah dibebaskan.

BACA JUGA  Diduga Teroris, Agen Shin Bet Tembak Pengemudi Israel di Ramallah
Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru