33.4 C
Jakarta

Hukum Membatalkan Ibadah Sunah, Bolehkah?

Artikel Trending

Memberantas FPI, Memberantas Pembising Negeri

Sejumlah anggota TNI berseragam lengkap mendatangi Markas DPP Front Pembela Islam (FPI) di Petamburan, Jakarta Pusat, pada Kamis (19/11) lalu. Mereka menurunkan baliho Habib...

Ampuhnya Doa Orang Puasa

Berbicara tentang manjurnya doa orang puasa sejenak kita akan langsung tertuju pada sebuah hadis dalam Sunan Ibnu Majah yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr...

Hukum Menyimpan Tali Pusar Bayi Menurut Islam

Tali pusar adalah jalan yang menghubungkan antara ibu dan bayinya ketika masih dikandungan. Tali pusar ini berfungsi untuk menyalurkan makanan dan oksigen dari ibu...

Bullshit Para “Pembela” Islam

Sejak Ahok jadi Gubernur DKI Jakarta, Rabu, 19 November 2014, para pembela Islam tidak bisa hidup tenang sampai hari ini. mereka semakin radikal. Radikalisme...

Daftar Daerah yang Tegas Menolak Kehadiran Rizieq Shihab dan FPI

Gelombang penolakan atas keberadaan organisasi Front Pembela Islam menjalar kemana-mana, utamanya pasca kedatangan Rizieq Shihab ke Indonesia dari pelariannya atas kasus hukum yang menimpa....

Budaya Akademik dan Etos Kerja Dalam Islam

Islam sebagai agama yang kaffah tentu mengatur secara komprehensif segala aktifitas manusia dari mulai bangun tidur samapai tidur kembali. Sebagai agama yang kaffah, Islam...

Rizieq Shihab Mati Langkah?

Pesta penyambutan kepulangan Rizieq Shihab berubah menjadi bencana bagi masa depan perjuangan politik Rizieq Shihab dan kawan-kawan. Belum genap satu bulan menginjak kaki di...

Jangan Sampai Mendewa-dewakan Mereka yang Mengaku Keturunan Nabi

Gelar “habib” (jamaknya “habaib”) menjadi pembeda antara keturunan Nabi Saw. dan selain beliau. Sakralitas gelar habib tak kalah menarik dibandingkan dengan predikat nabiyullah yang...

Ibarat perdagangan, ibadah fardlu (wajib) adalah modal. Itu yang akan mengantarkan keselamatan seorang hamba di akhirat nanti. Sedangkan ibadah sunah adalah laba. Dengan laba itu akan mengantarkan seorang hamba memperoleh keberuntungan dengan naik derajat di sisi Tuhannya. Demikianlah al-Ghazali mengibaratkan ibadah fardhu dan sunah dalam kitabnya yang berjudul Bidayatul Hidayah.

Ibadah sunah adalah suatu bentuk ritual ibadah yang apabila dikerjakan, pelakunya diganjar dengan pahala, sedangkan apabila ditinggalkan, tidak berakibat adanya dosa. Seperti puasa senin-kamis, puasa asyura, dan puasa-puasa sunnah yang lain. Juga semisal salat tahajjud, salat dhuha, dan salat-salat sunah yang lain. Serta mencakup seluruh ibadah sunah lainnya.

Menyangkut hal ini, ada pembahasan menarik mengenai perdebatan ulama fikih tentang orang yang sudah terlanjur melaksanakan ibadah sunah, apakah ia boleh membatalkannya atau tidak? Syaikh Ali ash-Shabuni dalam kitabnya, Tafsir Ayat al-Ahkam juz II, menjelaskan bahwa ulama fikih dalam menyikapi hal ini terbagi menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama yang dipelopori oleh Imam as-Syafii dan Imam Ahmad Bin Hanbal berpendapat bahwa seseorang yang sudah terlanjur melaksanakan ibadah sunah boleh membatalkannya dan tidak ada kewajiban qadla (ganti) baginya kecuali dalam ibadah haji sunah (haji kedua kalinya).

Sedangkan kelompok kedua yang dipelopori oleh Imam Abu Hanifah dan Imam Malik berpendapat  bahwa seseorang yang sudah terlanjur melaksanakan ibadah sunah tidak boleh membatalkannya. Apabila ia membatalkannya, maka akan berimplikasi kepada kewajiban meng-qadla (mengganti) ibadah itu.

Setelah ditelaah, perbedaan pendapat dua kelompok ini ternyata disebabkan perbedaan pemahaman mereka dalam memahami ayat berikut:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَلَا تُبْطِلُوا أَعْمَالَكُمْ

“Wahai orang-orang beriman taatlah kalian kepada allah dan taatlah kalian kepada rasul. Dan janganlah kalian membatalkan amal-amal (ibadah) kalian”. (QS. Muhammad [47] : 33 ).

Ayat “wa la tubthiluu amaalakum”(janganlah membatalkan amal-amal ibadah kalian) menurut kelompok pertama tidak berlaku umum mencakup ibadah fardhu dan sunah. Ayat itu hanya melarang membatalkan pahala ibadah fardhu. Tidak dengan ibadah sunah, karena ibadah sunah merupakan ibadah tathawwu (ibadah sukarela). Ibadah tathawwu menghendaki adanya pilihan antara menyelesaikan atau membatalkan. Seandainya ini harus diselesaikan dan kalau membatalkannya wajib qadla, maka ini akan mengeluarkan ibadah sunah dari aspek kesukarelaannya. Dengan demikian, keumuman ayat itu menurut kelompok pertama telah di-takhsish (dibatasi) dengan alasan ini.

Berbeda dengan kelompok kedua yang memberlakukan ayat itu secara umum. Ayat itu, menurut kelompok kedua, memberikan pengertian bahwa membatalkan ibadah sunah tidak diperbolehkan karena itu termasuk membatalkan amal sebagaimana yang tercakup dalam ayat. Di samping itu, kelompok kedua berargumen dengan hadis berikut:

عَنِ ابْنِ شِهَابٍ؛ أَنَّ عَائِشَةَ وَحَفْصَةَ زَوْجَيِ النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَصْبَحَتَا صَائِمَتَيْنِ مُتَطَوِّعَتَيْنِ، فَأُهْدِيَ لَهُمَا طَعَامٌ. فَأَفْطَرَتَا عَلَيْهِ. فَدَخَلَ عَلَيْهِمَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم. قَالَ، قَالَتْ عَائِشَةُ: فَقَالَتْ حَفْصَةُ، وَبَدَرَتْنِي بِالْكَلاَمِ، وَكَانَتْ بِنْتَ أَبِيهَا: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنِّي أَصْبَحْتُ أَنَا، وَعَائِشَةُ صَائِمَتَيْنِ مُتَطَوِّعَتَيْنِ. فَأُهْدِيَ لَنَا طَعَامٌ فَأَفْطَرَنَا عَلَيْهِ. فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: «اقْضِيَا مَكَانَهُ يَوْماً آخَرَ». (موطأ مالك ت الأعظمي 3/ 439)

Hadis ini bercerita tentang Siti Aisyah dan Siti Hafshah (keduanya merupakan istri nabi) yang berpuasa sunah kemudian mereka dihadiahkan makanan dan mereka membatalkan puasanya dengan makanan itu. Setelah beberapa saat, Rasulullah menemui mereka berdua. Saat itulah Siti Hafshah menceritakan kepada Rasulullah terkait apa yang dialaminya bersama Siti Aisyah yang membatalkan puasanya itu. Rasulullah kemudian menyuruh mereka untuk meng-qadla-nya di hari yang lain.

Hamim Maftuh Elmy, Mahasantri Mahad Aly Salafiyah Syafiiyah Situbondo

 

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Muhammad Rizieq Shihab, Quraish Shihab, dan Habib Lutfi

Muhammad Rizieq Shihab semakin viral. Sejak kembalinya dari Arab Saudi, sampai penjemputan, perayaan Maulid Nabi, hingga perayaan nikah anaknya menjadi tilikan banyak orang. Bahkan...

Organisasi Mahasiswa Riau Gelar Aksi Tolak Radikalisme

harakatuna.com. Pekanbaru - Sebanyak 41 Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan organisasi mahasiswa Riau menggelar aksi damai di depan Kantor Gubernur Riau, Senin (23/11/2020). Dalam aksi...

Rizieq Shihab Mati Langkah?

Pesta penyambutan kepulangan Rizieq Shihab berubah menjadi bencana bagi masa depan perjuangan politik Rizieq Shihab dan kawan-kawan. Belum genap satu bulan menginjak kaki di...

Ulama Austria Minta Aparat Tak Kaitkan Terorisme dengan Agama

Harakatuna.com. WINA -- Saat rasialisme dan diskriminasi terhadap Muslim di Austria melonjak, ulama di negara Eropa memperingatkan pihak berwenang tidak mengaitkan terorisme dengan agama apa pun. Setelah...

Jangan Mudah Menuduh Orang Dengan sebutan Lonte

Kata lonte dalam tradisi masyarakat Indonesia adalah bermakna kasar. Yaitu bermakna sebagai pezina ataupun pelacur. Kata lonte ini kembali viral di media sosial karena...

Lumpuhkan Radikalisme, Munas MUI Usung Tema Islam Wasathiyah

Harakatuna.com. Jakarta - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin menyampaikan pidato dalam pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) MUI ke-19 di Hotel Sultan,...

Munas MUI ke-X; Saatnya MUI Kembali ke Khittah

Majelis Ulama Indonesia (MUI) tengah melaksanakan pemilihan Ketua Umum MUI baru periode 2020-2025. Pemilihan dilaksanakan pada Musyawarah Nasional (Munas) MUI ke-10 di Hotel Sultan,...