26.9 C
Jakarta
Array

Hubbul Wathan Induk Nasionalisme

Artikel Trending

Hubbul Wathan Induk Nasionalisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Temanggung. Dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2017, Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengabian Masyarakat (LP3M) STAINU Temanggung, Jawa Tengah menggelar Seminar Ilmiah bertajuk “Pendidikan Karakter Bangsa” di aula STAINU Temanggung, Sabtu (21/10/2017).

Dosen STAINU Temanggung Hamidulloh Ibda memaparkan panjang lebar mengenai konsep hubbul wathan minal iman. Menurutnya, adagium yang begitu lengket di telinga masyarakat saat ini merupakan induk semangat nasionalisme.

“Konsep Hubbul Wathan Minal Iman, menjadi induk dari nasionalisme yang diterapkan dalam pendidikan Islam di Indonesia. Bahkan, nasionalisme yang dikonsep ulama-ulama NU menjadi acuan ideal untuk membangkitan, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sampai saat ini,” katanya.

Penulis Demokrasi Setengah Hati itu mengungkapkan, bahwa urgensi penerapan Hubbul Wathan dalam pendidikan Islam adalah seratus persen. “Adanya kelompok pengusung spirit negara Islam justru memperkeruh kondisi bangsa. Padahal memegang nasionalisme dan Pancasila sudah sangat islami dan bukan pula melenceng dari substansi Islam itu sendiri,” ungkapnya.

Dosen asal Pati, Jawa Tengah, itu meminta peserta seminar untuk melihat perbedaan Indonesia dengan Timur Tengah. Dari situ, ia melihat Indonesia tidak butuh legislasi negara Islam.

“Kita juga harus melihat, bahwa Indonesia dengan Arab, Mesir, Yaman, beda.  Di Nusantara ini, tidak ada yang urgen untuk mendirikan negara Islam, daulah islamiyah, Islamic state atau pun khilafah. Sebab, hukum Islam tidak bergantung pada adanya suatu negara, melainkan masyarakat dapat memberlakukan hukum agama dalam sebuah negara berbentuk apa saja.

Baginya, bukan sebuah keharusan, Islam dilegislasi menjadi suatu sistem negara. Tetapi, justru nilai dan substansi Islamlah yang mesti ditunjukkan.

“Dan Islam tidak harus menjadi sebuah negara, karena yang harus ditonjolkan seharusnya adalah nilai-nilainya, spirit dan substansinya,” tegasnya.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru