27.6 C
Jakarta

Hati-hati, Ini 3 Hal Yang Dibenci Allah

Artikel Trending

Asas-asas IslamTasawufHati-hati, Ini 3 Hal Yang Dibenci Allah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Hidup didunia ini sejatinya hanya mengenai dua hal. Pertama adalah melaksanakan hal yang apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi apa yang di benci oleh Allah. Orang-orang yang sudah bisa melakukan kedua hal ini, niscaya akan mendapatkan kebahagiaan didunia dan akhirat. Namun kiranya perlu juga diketahui 3 hal yang dibenci Allah. Agar kita bisa menghindarinya dan tidak melakukannya.

Dalam sabdanya Nabi Muhammad mengatakan 3 hal yang dibenci oleh Allah.

إِنَّ اللَّهَ يَرْضَى لَكُمْ ثَلَاثًا وَيَكْرَهُ لَكُمْ ثَلَاثًا فَيَرْضَى لَكُمْ أَنْ تَعْبُدُوهُ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَأَنْ تَعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَيَكْرَهُ لَكُمْ قِيلَ وَقَالَ وَكَثْرَةَ السُّؤَالِ وَإِضَاعَةِ الْمَالِ

Artinya: “Sesungguhnya Allah menyukai bagimu tiga perkara dan membenci tiga perkara; Dia menyukai kalian supaya beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun, kalian berpegang teguh dengan agama-Nya dan tidak berpecah belah. Dan Allah membenci kalian dari mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya, banyak bertanya dan menyia-nyiakan harta”

3 Hal Yang dibenci Allah

Dari hadis ini bisa diketahui bahwa 3 hal yang dibenci oleh Allah yang pertama adalah mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya. Di era sekarang ini, banyak sekali orang mengatakan sesuatu yang tidak jelas sumbernya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya berita-berita hoaks. Berita hoaks adalah sesuatu yang sangat dibenci oleh Allah. Oleh karena yang demikian, kita semua wajib untuk tidak membuat hoaks dan wajib memutus berita hoaks dengan banyak membaca dan tabayun.

BACA JUGA  2 Pesan Nabi Agar Terhindar Dari Kerasnya Hati

Kedua adalah banyak bertanya. Tentunya pertanyaan tentang sesuatu yang sudah jelas, yang harusnya tidak perlu dipertanyakan lagi, dan kalau ditanyakan maka bisa jadi akan memberatkan dan bisa jadi akan menyulitkan. Sebagaimana yang kita ketahui kisah ‘umat Nabi Musa pada surat Al-Baqarah ayat 67-74 yang diperintahkan untuk menyembelih seekor sapi dan perintah tersebut sudah jelas. Namun umatnya selalu saja mengajukan pertanyaan yang justru semakin menyulitkan mereka.

Ketiga adalah menyia-nyiakan harta yang telah diberikan oleh Allah. Menyia-nyiakan harta ini biasa ditunjukkan dengan perilaku boros dan tidak meletakan harta yang diberikan oleh Allah dengan jalan sebagaimana mestinya. Dalam surat Al-Isra’ Ayat 26 dan 27 Allah berfirman:

وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا . إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا

Artinya: “Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya orang-orang yang boros itu adalah saudara-saudara setan dan setan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.”

Oleh karena yang demikian, agar hidup kita diridai oleh Allah maka jangan melakukan 3 hal yang dibenci Allah ini. Wallahu A’lam Bishowab

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru