24.1 C
Jakarta

Hadis Nabi, Garansi Masuk Surga Bagi Umat Islam

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahHadis Nabi, Garansi Masuk Surga Bagi Umat Islam
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Surga adalah tempat penuh kenikmatan yang pasti setiap orang menginginkannya. Tidak ada orang yang tidak menginginkannya. Hal ini karena dengan hidup di surga pasti ada jaminan kebahagiaan. Dan berdasarkan hadis Nabi, syukur Alhamdulillah, semua umat Islam mendapatkan garansi untuk masuk surga.

Nabi Muhammad bersabda

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قَالَ: « كُلُّ أُمَّتِيْ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ، إِلاَّ مَنْ أَبَى »، قَالُوا: يَا رَسُولَ الله، وَمَنْ يَأْبَى ؟ قَالَ صلى الله عليه وسلم: « مَنْ أَطَاعَنِى دَخَلَ الْجَنَّةَ ، وَمَنْ عَصَانِى فَقَدْ أَبَى » رواه البخاري.

Artinya: “Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam bersabda, “Semua umatku akan masuk Surga, kecuali orang yang enggan”. Para Shahabat radhiallahu’anhum bertanya: Siapakah yang enggan, wahai Rasulullah Shallallahu’alahi Wasallam? Beliau Shallallahu’alahi Wasallam bersabda: “Barangsiapa yang menaatiku maka dia akan masuk Surga, dan barangsiapa yang durhaka kepadaku maka sungguh dialah yang enggan” [HR. Bukhori].

BACA JUGA  Doa Nabi Muhammad Ketika Memakai Pakaian

Dilihat dari hadis ini sangat jelas bahwa Nabi Muhammad sudah menggaransi umat Islam untuk masuk surga. Hal ini terlihat dari sabdanya, “Setiap umat Islam akan masuk surga”. Meskipun demikian malah ada umat Islam yang enggan masuk surga.

Garansi umat Islam Masuk surga ini dengan satu prasyarat saja yaitu dengan mengikuti ajarannya. Dan dengan mengikuti ajarannya maka akan diampuni dosanya oleh Allah.

قُلْ إِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Katakanlah: Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, maka ikutilah sunahku. Niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” [QS Ali Imran : 31].

Sedangkan keengganan umat Islam masuk surga ini disebabkan karena umat Islam berbuat maksiat dengan tidak mengikuti ajaran Rasulullah.

Oleh karena yang demikian, wajib hukum bagi umat Islam untuk patuh kepada ajaran Rasulullah. Karena dengan kepatuhan inilah kita akan mendapatkan garansi untuk masuk surga. Amin

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru