25 C
Jakarta

Hadirnya Dua Malaikat Di Pagi Hari

Artikel Trending

Asas-asas IslamHadistHadirnya Dua Malaikat Di Pagi Hari
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Pagi hari adalah waktu yang utama untuk memulai beraktivitas, karena sebagian ulama mengatakan bahwa pagi hari ini penuh keberkahan. Oleh karena yang demikian manfaatkanlah waktu di pagi hari ini dengan sebaik-baiknya. Jangan malah digunakan untuk hal yang tidak bermanfaat. Dan perlu diketahui bahwa ada dua malaikat yang hadir di pagi hari. Hadirnya malaikat di pagi hari ini perlu disadari oleh setiap orang yang beriman.

Nabi Muhammad dalam sabdanya bahwa setiap pagi hari akan hadir dua malaikat

 عن أبي هريرةَ رضي اللَّهُ عنه أَن النبيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قال : « مَا مِنْ يوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ ملَكَانِ يَنْزلانِ ، فَيقولُ أَحدُهُما : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقاً خَلفاً ، ويَقولُ الآخَرُ : اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكاً تَلَفاً » متفقٌ عليه .

Artinya: “Dari  Abu Hurairah bahwasanya Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Tidaklah para hamba berada di pagi hari, melainkan pada pagi itu terdapat dua malaikat yang turun. Salah satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah ganti kepada orang yang berinfak”. Sedang yang lain berkata, “Ya Allah, berikanlah kebinasaan (harta) kepada orang yang menahan hartanya”. [HR. Bukhori-Muslim]

BACA JUGA  Ini Penyebab Kemunduran Umat Islam Menurut Hadis Nabi

Dengan mengetahui bahwa setiap pagi akan ada dua malaikat yang hadir, tentunya kita semua berharap bahwa doa malaikat pertama yang akan selalu dipanjatkan, yaitu doa memberikan ganti atas segala yang diinfakkan.

Perintah infak ini sangat jelas diperintahkan dalam Al-Quran, Surat Talak, Ayat 7

“Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya. Dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan”

Infak di sini bisa diartikan sangat luas. Infak di pagi hari bisa dimulai dengan memasak untuk keluarga, memberikan uang saku kepada anak sekolah, belajar ilmu dengan serius, berzikir dan lain sebagainya.

Semoga kita semua diberikan kelapangan hati untuk selalu berinfak, Amin.

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru