30.3 C
Jakarta
Array

Hadiri Bincang Buku Islam Merawat Kebinekaan

Artikel Trending

Hadiri Bincang Buku Islam Merawat Kebinekaan
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta. Meskipun Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) telah resmi dibubarkan pemerintah melalui Perppu No. 2 Tahun 2017, namun wacana khilafah masih hangat di tengah-tengah masyarakat pada umum dan umat Islam Indonesia pada khususnya. Praktis, Pro dan kontra gagasan khilafah HTI masih terus bergulir.

Khilafah diyakini HTI sebagai satu sistem politik terbaik untuk mengurai masalah bangsa bertolak belakang dengan kajian ilmiah yang lakukan Muhammad Sofi Mubarok dalam bukunya yang berjudul Kontroversi Dalil-dalil Khilafah. Dalam bukunya, ia menjelaskan secara rinci bagaimana dalil-dalil mengenai khilafah yang diusung oleh HTI banyak yang kontradiksi dan terkesan dipaksakan sehingga keluar dari teks dan konteks asli dalil yang dikutip.

Lebih lanjut, kandidat doktor UIN Syarif Hidayatullah itu membedah dalil-dalil khilafah yang bersumber dari ayat Al-Qur’an dan Al-Hadis itu dengan pisau maqashid al-syariah, tujuan-tujuan ditetapkannya syariat. Sehingga kelemahan dan kepalsuan khilafah HTI semakin terbongkar dengan sendirinya.

Buku yang alumni Pondok Pesantren Kempek itu tulis akan dibedah oleh rekan-rekannya sesama alumni pesantren yang tergabung dalam Ikatan Alumnus Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon (Ikhwan KHAS) pada hari Sabtu (19/8) di Jung Coffee, Jalan Rawamangun Muka Barat I Blok C, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur. Menurut rencana, kegiatan ini akan dimulai sejak pukul 19.00 WIB.

Diskusi publik bertema Islam Merawat Kebinekaan juga akan membedah buku karya Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong berjudul Jurnalisme Keberagaman. Kegiatan ini akan disiarkan secara live melalui Fanpage Santrionline.net juga menyediakan doorprize bagi peserta diskusi yang beruntung.

Diskusi buku akan dipandu oleh Sekretaris Jenderal Ikhwan KHAS Sobih Adnan ini sifatnya terbuka dan gratis untuk semua kalangan. Konfirmasi peserta dapat menghubungi saudara Agung Firmansyah di nomor 082210372149.

(Syakirnf)

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru