25.4 C
Jakarta
Array

Forum Ulama Jember Tolak Sistem Khilafah

Artikel Trending

Forum Ulama Jember Tolak Sistem Khilafah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Forum Ulama Jember Tolak Sistem Khilafah

Harakatuna.com. Jember. Ratusan Ulama di Jember, Jawa Timur mengadakan silaturahim yang dilaksanakan di Sekretariat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jember.

Silaturahmi ini dihadiri oleh PC NU Jember, PC NU Bondowoso, PC IKA PMII Jember, GP Ansor Jember, MUI Jember, dan Pengasuh Pondok Pesantren Jember. Pertemuan ini menghasilkan beberapa poin tentang penolakan sistem Khilafah yang sedang marak digaungkan oleh organisasi Hizbut Tahrir Indonesia.

Abdullah Syamsul Arifin, selaku Ketua Tanfidziyah PC NU Jember menyatakan bahwa tidak ada sistem yang baku yang ditetapkan dalam Islam Pasca Rasulallah wafat terkait pergantian kepemimpinan dalam Islam. Artinya, dalam konteks HTI, HTI memaksakan diri dan tidak punya dalil yang kuat atas hal ini.

Sementara itu, Akhmad Taufiq, Ketua Umum PC IKA Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jember menyatakan bahwa forum tersebut merupakan ikhtiar penyelamatan dua hal sekaligus. Pertama, menyangkut ukhuwah Islamiah, dengan cara mengajak kembali HTI pada jalan dan ajaran Islam Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Kedua, dalam konteks kebangsaan, ini bentuk  penyelamatan untuk saudara-saudara HTI agar kembali kepada pangkuan NKRI secara kaffah.

“Penolakan dan desakan kami kepada pemerintah agar HTI dibubarkan adalah dalam kerangka dan prinsip penyelamatan tadi; sehingga, kami dapat hidup secara damai dalam menjalankan syariat agama di bumi Indonesia yang kita cintai ini,” katanya.

Selanjutnya forum silaturrahmi juga menetapkan beberapa poin sikap yang telah disepakati bersama, diantaranya:

  1. Menolak dengan tegas seluruh kegiatan HTI di Jember khususnya dan di Indonesia pada umumnya karena HTI adalah organisasi yang mengusung paham khilafah yang akan mengubah ideologi Negara Pancasila dan merobohkan bangunan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
  2. Pengikut HTI harus kembali pada ajaran Islam Ahlussunnah waljamaah dalam bingkai NKRI.
  3. Meminta dan mendesak kepada pemerintah untuk segara membubarkan HTI dan ormas sejenis lainnya, yang jelas-jelas anti-NKRI jika tidak ingin terjadi konflik horisontal di masyarakat Indonesia.

Forum silaturahim sendiri digagas oleh KH Muhyidin Abdusshomad, KH. Abdullah Syamsul Arifin (PC NU Jember), Akhmad Taufiq (Ketua Umum PC IKAPMII Jember), Ayub Muchson (GP Ansor Jember) dan Prof Abd Halim Subahar (MUI Jember). Digagas pada hari Jumat, 21 April 2017 di Ponpes Nurul Islam Jember. (*)

TIMEINDONESIA.COM

 

Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru