27.1 C
Jakarta

Enam Keuntungan Berkumpul Dengan Orang Saleh

Artikel Trending

Orang saleh adalah orang yang bisa melihat suatu perkara dengan pandangan jernih sesuai dengan ajaran agama. Menjadi orang saleh adalah dambaan setiap umat Islam di seluruh dunia. Oleh karena setiap bayi yang lahir di dunia selalu didoakan semoga menjadi anak yang salih atau salihah.

Menjadi orang salih memang bukanlah perkara yang mudah. Maka agar bisa kita bisa menjadi orang saleh salah satu cara yang bisa dilakukan adalah berkumpul dengan orang saleh. Berkumpul dengan orang saleh selain akan menjadikan kita menjadi saleh juga akan akan memberikan banyak keuntungan.

Dalam aforisma Aqwalul Hukama Anil Hayah nomor 28 disebutkan bahwa berkumpul dengan orang saleh akan mendapatkan enam keuntungan. Yaitu

1, Berubahnya Keraguan Hati Menjadi Keyakinan.

Salah satu keuntungan berkumpul dengan orang yang saleh adalah bisa membuat hati menjadi yakin dalam menghadapi kehidupan. Perlu diketahui bahwa keyakinan adalah pangkal dari Islam itu sendiri. Orang Islam wajib hukumnya untuk yakin dan percaya bahwa Allah adalah tuhan semesta alam dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Tanpa ada keyakinan ini sia-sialah ibadah yang dilakukan.

Dengan dekat kepada orang saleh niscaya hati yang tadinya ragu dalam menjalani kehidupan dunia akan menjadi yakin. Karena orang saleh akan mengajarkan orang-orang yang didekatnya untuk menjadi manusia yang berguna dan manusia yang yakin akan kehidupannya.

BACA JUGA  Tidak Dikatakan Beriman, Orang Yang Suka Mencaci Maki

2, Berubahnya Riya Menjadi Ikhlas.

Riya adalah penyakit hati yang paling berbahaya dan riya juga merupakan perbuatan memamerkan amal ibadah dihadapan orang banyak. Orang yang suka riya pasti akan berlagak sombong dan serba bisa dihadapan orang banyak. Tentu orang yang riya tiada mendapatkan apa-apa disisi Allah kecuali rasa capek. Dengan dekat orang saleh yang senantia berzikir kepada Allah akan menuntun kita bahwa dalam melakukan suatu apapun harus ditujukan untuk menjadi ridho Allah. Dan itulah keihlasan.

BACA JUGA  Maklumat KH Hasyim Asy’ari Tentang Pentingnya Menjaga Persatuan

3, Berubahnya Kelalaian Menjadi Kewaspadaan.

Dengan dekat orang saleh tentu akan menjadikan hati kita selalu ingat kepada Allah dan terhindar dari kelalaian. Orang yang tiada waspada terhadap kehidupan dunia tentu akan jatuh pada kelalauain yang amat merugikan.

4, Berubahnya Orientasi Dunia Menuju Akhirat.

5, Berubahnya Kesombongan Menjadi Rendah Hati

6, Berubahnya Niat Jelek Menjadi Ketulusan.

Berkumpul dengan orang saleh selain akan mendapatkan enam keuntungan diatas juga akan bisa menjadi obat hati. Sebagaimana hikmah yang disampaikan Sahabat Ali bahwa salah satu obat hati adalah berkumpul dengan orang saleh.

Semoga dengan ikut berkumpul dengan orang saleh, kita dan anak cucu kita akan menjadi saleh juga, Amin.

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru