28.3 C
Jakarta

DPRD Jabar Sebut Sekolah Sebagai Tempat Terbaik Hentikan Penyebaran Radikalisme

Artikel Trending

AkhbarDaerahDPRD Jabar Sebut Sekolah Sebagai Tempat Terbaik Hentikan Penyebaran Radikalisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Bandung – Indonesia kembali di gemparkan dengan adanya aksi terorisme yang terjadi di Markas Polsek Astana Anyar, Kota Bandung beberapa hari lalu.

Aksi terorisme tersebut menjadi perhatian semua pihak tentang bagaimana menindak dan memberantas paham terorisme. Sehingga, kedepan Indonesia tidak lagi menjadi rumah atau ladang bagi terorisme

Menyikapi hal itu, Anggota DPRD Jawa Barat, Hj. Tina Wiryawati menjelaskan cara terbaik menghentikan penyebaran paham radikalisme adalah menanamkan rasa toleransi dari sejak dini, terutama dari pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi.

Menurutnya, sekolah adalah tempat yang tepat dalam memupuk rasa kebinekaan serta dapat memberikan pemahaman terhadap anak didik mengenai nilai-nilai kebangsaan.

“Pemahaman bahaya terkait terorisme dapat pula disisipkan menjadi salah satu bahan ajar di sekolah dengan dikemas secara bijak dan yang sesuai dengan usia peserta didik,” kata Tina di Bandung, Minggu 11 Desember 2022.

Lebih lanjut, ia menegaskan kenapa program sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang di lakukan oleh anggota-anggota dewan di masyarakat sangat penting, karena menjadi salah satu upaya memberantas radikalisme dan terorisme.

“Porsinya saya berharap bisa ditambah sehingga akan lebih masif lagi lagi kegiatan tersebut teraplikasikan kepada kelompok-kelompok masyarakat,” katanya.

Pada akhirnya, kata Tina, program-program untuk memberantas terorisme yang lebih bisa diterima masyarakat sesuai rentang usia dan pendidikannya bisa berdampak baik terhadap aksi penanggulangan terorisme di negeri ini.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru