25.2 C
Jakarta

Doa Naik Kendaraan, Arab, Latin dan Terjemahannya

Artikel Trending

Di zaman modern ini kendaraan berbagai macam ragamnya, dari mulai bus, kereta api, pesawat, motor, bajai dan lain sebagainya. Sedangkan pada zaman dahulu kendaraan yang dimanfaatkan manusia biasanya mengandalkan tenaga hewan, seperti unta dan kuda. Dalam Islam, sendiri agama yang mengatur berbagai aspek kehidupan mempunyai doa naik kendaraan, agar orang yang berkendara selamat sampai tujuan.

Berikut doa naik kendaraan sesuai yang diajarkan Islam

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ

Artinya: “Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Rabb kami, kami akan kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini, Ya Allah mudahkanlah perjalanan kami ini, dekatkanlah bagi kami jarak yang jauh, Ya Allah, Engkau adalah rekan dalam perjalanan dan pengganti di tengah keluarga, Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesukaran perjalanan, tempat kembali yang menyedihkan, dan pemandangan yang buruk pada harta dan keluarga.” (HR Muslim).

BACA JUGA  Puasa Daud, Puasa Sunah Yang Paling Utama

Namun demikian, redaksi yang doa naik kendaraan yang umum diamalkan oleh masyarakat cukup pendek yaitu sampai kata Lamungqolibun.

سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhanal ladzi sahhoro lana hadza wama kunna lahu muqrinin wainna ila robbina lamungqolibun.

Artinya: Artinya: “Mahasuci Allah yang telah menundukkan untuk kami kendaraan ini, padahal kami sebelumnya tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya. Sesungguhnya hanya kepada Tuhan kami, kami akan kembali.

BACA JUGA  Doa Minta Perlindungan Dari Setan Saat Tidur

Doa Naik Kendaraan Laut

Berikut doa khusus untuk naik kendaraan laut seperti kapal dan perahu

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya: “Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Semoga dengan membaca doa naik kendaraan ini, perjalanan yang akan dilalui menjadi selamat, berkah dan mendatangkan kebaikan, Amin.

 

 

 

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru