25 C
Jakarta

Doa Nabi Agar Rumah Yang Tinggali Penuh Keberkahan

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahDoa Nabi Agar Rumah Yang Tinggali Penuh Keberkahan
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Rumah adalah kebutuhan pokok bagi setiap insan manusia. Oleh karenanya, setiap orang berkeinginan untuk mendesain rumahnya sebaik dan senyaman mungkin. Dalam Islam diajarkan bahwa rumah yang damai itu tidak hanya bagus secara bangunan fisik, melainkan juga memberikan kenyamanan dan keberkahan. Dan berikut Doa Nabi Muhammad agar rumah yang ditinggali penuh keberkahan.

Dalam riwayat Muslim dan Abu Daud, Nabi Muhammad selalu berdoa agar rumah yang ditinggalinya itu penuh keberkahan.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

“Allahumma innii as-aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa,”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk, dan dengan menyebut nama Allah aku keluar, dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.”

Dalam sebuah pepatah dikatakan rumahku adalah surgaku. Hal ini menunjukkan bahwa rumah itu memang laksana surga, tempat kembali setelah beraktivitas. Dan untuk menjadi rumah laksana surga maka seyogyanya untuk memperbanyak doa di atas. Sehingga rumah yang ditinggali nantinya memberikan keberkahan bagi penghuninya.

BACA JUGA  Samakah Pahala Sholat Jamaah Di Rumah Dan Di Masjid?

Perlu diketahui juga bahwa doa ini penting juga dibaca bagi orang-orang yang hendak membangun rumah. Orang yang membaca doa tersebut, Insya Allah akan dipermudah jalannya untuk membangun rumah.

Selain doa yang berasal dari Nabi tersebut, kita semua juga bisa menambahkan doa yang berasal dari Al-Quran. Doa dari Al-Quran ini tujuannya sama, yaitu untuk menjadikan rumah yang ditinggal penuh keberkahan. Doa ini terdapat dalam surat Al Mukminun ayat 29.

رَّبِّ أَنْزِلْنِيْ مُنْزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْمُنْزِلِيْنَ

“Rabbi anzilni munzalan mubarakan wa anta khoirul munzalin,”.

Artinya: “Ya Allah, tempatkan aku di tempat yang berkah, dan Engkau adalah sebaik-baik pemberi tempat,”

Semoga dengan membaca doa ini kita rumah yang kita ditinggali akan melimpah dengan keberkahan, Amin.

Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru