27.1 C
Jakarta

Doa Anak Menyelamatkan Orang Tuanya

Artikel Trending

Doa adalah senjata orang mukmin yang paling ampuh. Doa merupakan wasilah yang bisa digunakan oleh seorang mukmin untuk meminta segala pengharapan kepada tuhan yang maha esa. Dengan doa pula, hati seseorang akan menjadi tenang dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Sebagai orang beriman wajib hukumnya untuk selalu berdoa kepada tuhan. Dan doa seorang mukmin tidak akan pernah ditolak sebagaimana firman Allah SWT dalam kitab sucinya “berdoalah kepadaku pasti akan ku kubulkan”.

Salah satu doa yang paling mustajab dan paling didengar tuhan adalah doa anak kepada kedua orang tuanya. Doa anak kepada orang tuanya ini akan menyelamatkan kedua orang tuanya dari huru-hara hari kiamat. Selain itu doa anak akan mengangkat derajat orang tua di sisi tuhannya. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad yang berbunyi

إن االله ليرفع العبد الدرجة  فيقول رب أنى لي هذه الدرجة  فيقول بدعاء ولدك لك

Artinya: “Sesungguhnya Allah pasti mengangkat derajat hambanya (di surga). Kemudian hambanya bertanya, “Ya Allah dari mana datangnya derajat tinggi ini..?”. Dan Allah menjawab, “karena doa anakmu kepadamu”. [HR. Baihaki dan Thobroni].

Hadis ini menunjukan bahwa doa anak itu dapat menyelamatkan kedua orang tuanya. Hal ini juga menunjukan bahwa Allah itu mempunyai beribu-ribu cara untuk menunjukan kasih sayangNya kepada umatnya. Dan Allah juga selalu memberikan ampun dan menghapus dosa hambanya melalui banyak lantaran.

BACA JUGA  Kewajiban Mencintai Nabi Melebihi Apapun

Dalam hadis ini sangat jelas bahwa orang tua itu nampak heran dan terkejut karena mendapatkan derajat yang sungguh mulia di hadapan Allah dan dosanya juga diampuni oleh Allah. Orang tua tersebut menyadari bahwa derajat ini bukanlah dari hasil amal ibadahnya di dunia dulu. Kemudian orang tua ini bertanya kepada Allah mengapa mendapat derajat yang begitu mulia ini, jawabnya karena doa anak dan istihfar anak.

Begitu bermanfaatnya doa dan istihfar anak kepada orang tuanya. Maka sebagian ulama salaf berpendapat seorang mukmin yang setelah menjalankan sholat lima waktu dan tidak mendoakan kedua orang tuanya bukanlah termasuk anak yang berbakti.

BACA JUGA  Panduan Mencintai Habib (Keturunan Rasulullah) Dengan Moderat

Perlu diketahui pula hadist Nabi Muhammad SAW yang menyatakan bahwa doa anak kepada orang tuanya itu merupakan satu dari tiga amal ibadah yang tiada terputus pahalanya.

Walhasil sebagai seorang anak wajib hukumnya untuk berbakti kepada kedua orang tuanya. Doa orang tua kepada anaknya bisa menggetarkan Arsy. Begitu juga orang tua jangan sembarang dalam mendidik anaknya, sebagaimana yang dikatakan Gus Baha bahwa anak itu bisa “nguwalati” (membuat bahaya kepada orang tua). Oleh karenanya betapa indahnya kehidupan ini apabila orang tua selalu mendoakan anaknya dan anaknyapun selalu mendoakan orang tuanya.

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru