30.2 C
Jakarta

Densus 88 Tangkap 1 Tersangka Terorisme JI di Magetan

Artikel Trending

AkhbarDaerahDensus 88 Tangkap 1 Tersangka Terorisme JI di Magetan
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Magetan – Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) berinisial RY di Magetan. Sejumlah barang bukti dokumen hingga laptop milik RY turut disita.

“Yang dibawa laptop, buku rekening tabungan, KTP, KK, paspor,” ujar Kepala Dusun Nitikan Kidul Desa Sumberagung Kecamatan Plaosan, Magetan, Sauji, kepada detikJatim Selasa (2/8/2022).

Barang bukti tersebut, kata Sauji, diamankan dari rumah mertua berinisial BH pimpinan Ponpes di Desa Sumber Agung. Pengambilan barang bukti dokumen hingga laptop tersebut dilakukan sekitar pukul 10.00 WIB.

“Tadi pagi sekitar pukul 08.00 WIB ada seseorang datang ke kantor desa ingin membawa yang bersangkutan. Kalau barang bukti sekitar pukul 10.00 WIB,” terang Sauji.

Sauji mengungkapkan tim Densus yang datang ada enam orang terdiri dari tiga pria dan tiga wanita. Namun, Sauji mengaku tidak paham apakah RY tersangkut masalah terorisme.

“Ada enam orang terdiri tiga pria dan tiga wanita berhijab dan soal berita itu (teroris) saya kurang tahu,” jelas Sauji.

BACA JUGA  Densus 88 Sebut Potensi Radikalisme dan Terorisme di Gorontalo Meningkat

Sauji menambahkan saat ini pihak istri yang sebelumnya tinggal di kontrakan depan Ponpes kini bergabung dengan mertua di lingkungan Ponpes Al Muslimun.

“Semula tinggal di depan Ponpes kontrak samping rumah saya, kini istri ikut ortunya,” tandas Sauji.

Dilansir dari detikNews, Densus 88 Antiteror Polri menangkap satu terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) berinisial RY. Penangkapan dilakukan di Magetan, Jawa Timur.

“Densus telah melakukan penangkapan terhadap satu terduga tindak pidana terorisme dari jaringan JI berinisial RY alias D, Selasa 2 Agustus, pukul 08.00, di Jalan Raya Magetan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Selasa (2/8/2022).

Ramadhan mengatakan RY diduga bergabung ke JI sejak 2013. RY disebut membantu membuka jalur JI dengan Free Syrian Army melalui Dubai.

“Keterlibatannya pada 2013 mengikuti seleksi anggota hubungan internasional JI, berjalan ke Suriah melalui Dubai untuk buka jalur hubungan dengan Free Syrian Army,” katanya.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru