Dahsyat! Media Sosial Pembawa Berkat


0
28 shares
Ist

Perkembangan zaman membuat pemikiran masyarakat semakin berkembang. Sarana informasi yang semakin berkualitas, turut serta mendukung perkembangan pemikiran masyarakat. Dulu untuk mendapatkan informasi, masyarakat harus membeli Koran terlebih dahulu. Akhirnya, masyarakat yang tidak mempunyai cukup biaya tidak akan mendapatkan informasi apa-apa. Dengan berkembangnya teknologi informasi sekarang ini, masyarakat dapat mengakses informasi melalui media sosial. Tidak hanya mendapatkan informasi, masyarakat juga dapat menyebarkan informasi dengan mudah.

Fungsi utama media sosial adalah sebagai sarana komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain. Seseorang dapat berkomunikasi dengan mudah melalui berbagai aplikasi media sosial seperti facebook, instagram, twitter, whattsapp, dan line. Selama terhubung dengan jaringan internet, media sosial dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan biaya yang terjangkau.

Pada zaman modern ini, media sosial dapat diakses oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, anak muda, hingga orang dewasa. Cara akses yang cepat dan tidak menyulitkan membuat media sosial dipadati oleh jutaan pengguna setiap harinya. Indonesia tercatat menjadi salah satu Negara yang sebagian besar penduduknya menggunakan sosial media. Setiap harinya pengguna media sosial di Indonesia semakin bertambah. Dengan pertambahan tersebut, informasi yang di dapat setiap harinya dapat mencapai jutaan bahkan miliyaran.

Adanya potensi yang sangat besar, membuat para pengusaha mengubah taktik berdagangnya. Sekarang para pengusaha mulai memanfaatkan sosial media sebgai tempat untuk memasarkan produknya. Pemasaran produk di media sosial dapat dilakukan dengan memberi keterangan yang menarik pada produk yang akan dijual. Hal ini dinilai lebih efektif daripada menawarkan produk ke masyarakat satu per satu. Dengan memasang produk di media sosial, maka produk tersebut dapat dilihat oleh semua orang.

Baca Juga:  Adakah Konsep dan Dalil Negara Islam?

Keuntungan berbisnis menggunakan media sosial yang lainnya yaitu biaya yang dikeluarkan sangat sedikit, bahkan ada yang sama sekali tidak menggunakan biaya. Mengeluarkan sedikit biaya dan mendapatkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya adalah impian setiap pengusaha. Sehingga banyak anak muda yang tidak mempunyai modal, ikut terjun ke dunia bisnis melalui media sosial.

Persaingan bisnis di media sosial semakin memanas. Pengusaha dituntut kreatif dalam memasarkan barang dagangannya. Pengusaha yang tidak kreatif, dengan sendirinya akan tersingkir dari persaingan. Pengusaha harus mempunyai ciri khas dalam menawarkan suatu produknya. Misalnya dalam memasarkan produknya, pegusaha dapat menyajikan video yang meningkatkan daya tarik produknya. Pengusaha juga harus memperhatikan pengiriman produknya. Pengiriman produk yang terlambat dapat menurunkan kepercayaan pembeli. Maka ketelitian dan peningkatan produk harus diperhatikan oleh setiap pengusaha.

Selain mempunyai keuntungan, penggunaan media sosial juga mempunyai  kekurangan, seperti halnya keterbatasan melihat produk yang dipasarkan. Sehingga kekurangan pada produk tidak dapat dideteksi dengan jelas. Kerusakan produk memang sering terjadi pada barang yang mudah pecah seperti kaca. Resiko ini dapat diatasi dengan melapisi produk dengan bungkus yang keras. Kualitas produk juga mempengaruhi tingkat kerusakan. Produk yang lebih tebal akan mengurangi resiko kerusakan dibandingkan dengan produk yang tipis.

Selain itu, penipuan berupa tidak membayar produk yang sudah dipesan juga dapat terjadi. Pengusaha yang belum berpengalaman akan mudah terjerat penipuan seperti ini. Maka informasi serta pengalaman sangat diperlukan untuk mengatasi penipuan ini.

Dengan banyaknya pengguna media sosial, tentu informasi yang ada di dalamnya tidak semuanya benar. Pengguna harus bijak dalam menggunakannya dan harus berhati-hati dalam mencerna informasi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, media sosial juga dapat menyebarkan pengaruh buruk terutama kepada anak-anak yang belum mempunyai wawasan yang cukup. Ada baiknya ketika anak-anak mengakses media sosial didampingi oleh orang tua, sehingga orang tua dapat mengontrol informasi yang didapatkan oleh anak mereka.

Baca Juga:  Imam Abu Hanifah dan Khawarij

Ketika terdapat ritangan yang besar, tentu keuntungan yang besar akan didapatkan. Rintangan tersebut akan dihadapi oleh setiap pengusaha. Pengusaha yang pintar menghadapi rintangan tersebut, akan mendapatkan keuntungan yang besar. Sebaliknya, pengusaha yang gagal meghadapi rintangan tersebut, diharpkan dapat mengambil suatu pelajaran. Melihat uraian di atas, media sosial mempunyai dampak yang besar bagi kehidupan manusia. Sudah selayaknya kita memanfaatkannya dengan bijak, dengan begitu kita akan memdapatkan keuntungan yang besar dari media sosial.

*Oleh: Nur Faizi, pengamat media.


Like it? Share with your friends!

0
28 shares

What's Your Reaction?

Tidak Suka Tidak Suka
0
Tidak Suka
Lucu Lucu
0
Lucu
Sedih Sedih
0
Sedih
Terkejut Terkejut
0
Terkejut
Wow Wow
0
Wow
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Suka Suka
0
Suka
Harakatuna

Harakatuna merupakan media dakwah yang mengedepankan nilai-nilai toleran, cerdas, profesional, kritis, faktual, serta akuntabel dengan prinsip utama semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasar pemahaman Islam: rahmat bagi semua makhluk di dunia.