25.1 C
Jakarta

Cegah Radikalisme, FPKT Kalteng Ingatkan Pentingnya Filter Informasi Digital

Artikel Trending

AkhbarDaerahCegah Radikalisme, FPKT Kalteng Ingatkan Pentingnya Filter Informasi Digital
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Palngka Raya – Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FPKT) Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai mudahnya akses informasi digital perlu dibarengi dengan filter.

“Banyak informasi dengan narasi yang tidak konstruktif, bertebaran di platform digital termasuk media sosial. Hal tersebut, perlu penyaringan agar tidak mudah dikonsumsi begitu saja tanpa filter,” kata Ketua Bidang Agama, Sosial Ekonomi dan Budaya pada FKPT Kalteng, M. Roziqin, Sabtu, 6 Agustus 2022.

Menurutnya, pada dunia pendidikan, peran ini setidaknya menjadi beban moral para guru untuk mengingatkan, meluruskan narasi yang tidak baik.

“Guru sebagai orangtua kedua diluar rumah, harus siap berperan sebagai tumpuan klarifikasi, tempat mengadu para siswa, harus memiliki wawasan yang luas dan bijak,” sebut dia.

BACA JUGA  Aswaja an-Nahdliyah Mampu Cegah Paham Radikal Transnasional

Bahkan saat ini, tambahnya, indoktrinasi bibit radikalisme dan terorisme, menggunakan jalur medsos dan menargetkan usia pelajar.

Moderasi beragama memiliki peran penting sebagai model pemahaman dan sikap yang berada di tengah-tengah (wasathan), toleransi terhadap perbedaan pendapat yang lain, tidak memaksakan tafsir kebenaran tunggal seakan yang lain salah semua. (

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru