31.7 C
Jakarta

Cara Sedekah Yang Paling Mudah Dan Sederhana Seperti Yang Diajarkan Rasulullah

Artikel Trending

Asas-asas IslamIbadahCara Sedekah Yang Paling Mudah Dan Sederhana Seperti Yang Diajarkan Rasulullah
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com – Salah satu perintah dalam Islam yang dianjurkan untuk dilakukan seluruh umat Islam adalah sedekah. Sedekah pada umumnya, dimaknai sebagai pemberian harta benda kepada yang membutuhkan. Pengertian seperti ini, mengakibatkan  banyak orang yang merasa tidak mampu bersedekah hanya karena tidak mempunyai harta. Padahal dalam hadisnya Rasulullah mengajarkan cara sedekah yang paling mudah dan sederhana tanpa harus mengeluarkan harta.

Perlu diketahui sedekah merupakan salah satu ajaran Islam yang utama. Nabi Muhammad menyatakan bahwa sedekah itu merupakan hal baik yang bisa menjauhkan mara-bahaya.

“والصدقة تطفئ الخطيئة كما يطفئ الماء النار”

Artinya: “Dan sedekah bisa menghapus kesalahan (dosa) sebagaimana air yang bisa memadamkan api” (HR. Imam Tirmidzi).

Oleh karenanya, sebagai makhluk Tuhan yang sering khilaf dan banyak melakukan kesalahan, alangkah lebih baiknya untuk memperbanyak sedekah.

Mudahnya Sedekah Seperti Yang Diajarkan Rasulullah

Dalam hadisnya Rasulullah menyebutkan sedekah yang mudah yang bisa dilakukan siapa saja, entah itu kaya dan miskin. Hadis ini keluar karena rasa iri orang miskin kepada orang kaya karena bisa dengan mudah untuk bersedekah.

Suatu saat ada orang miskin yang mengadu kepada Rasulullah tentang rasa irinya kepada orang Kaya.

Wahai Rasulullah, Orang kaya itu bisa mendapatkan pahala shalat dan puasa seperti yang kami bisa lakukan. Namun orang kaya bisa mendapatkan pahala yang lebih dengan sedekah.

BACA JUGA  3 Anjuran Nabi Saat Ingin Melaksanakan Shalat Jumat

Mendengar aduan seperti itu Rasulullah bersabda tentang cara bersedekah yang mudah dan paling sederhana yang bisa dilakukan oleh siapa saja

أَوَلَيْسَ قَدْ جَعَلَ اللهُ لَكُمْ مَا تَصَّدَّقُونَ؟ إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةً، وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةً، وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنْ مُنْكَرٍ صَدَقَةٌ، وَفِي بُضْعِ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ”

Artinya: “Bukankah Allah telah menjadikan sesuatu untuk kalian yang dapat kalian sedekahkan? Sesungguhnya setiap tasbih (ucapan SUBHANALLAH) itu adalah sedekah, setiap takbir (ucapan ALLAHU AKBAR) itu adalah sedekah. Setiap tahmid (ucapan ALHAMDULILLAH) itu adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan LA ILAHA ILLALLAH) itu adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah, mencegah dari perbuatan mungkar adalah sedekah dan bercampurnya (bersetubuh) seorang dari kalian dengan istrinya juga termasuk sedekah” (HR. Muslim)

Dalam hadis ini menjadi jelas, bahwa sejatinya setiap perbuatan baik yang kita lakukan akan mendatangkan pahala sedekah. Dan cara sedekah yang paling mudah yang bisa dilakukan setiap saat tentu dengan membaca tasbih, tahmid dan takbir. Dengan demikian, bukankah sedekah itu bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana?. Wallahu A’lam Bishwab

Ahmad Khalwani
Ahmad Khalwani
Penikmat Kajian keislaman

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru