25.7 C
Jakarta

BPIP Perkuat Nilai-Nilai Pancasila Tangkal Radikalisme

Artikel Trending

AkhbarNasionalBPIP Perkuat Nilai-Nilai Pancasila Tangkal Radikalisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta -Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Banten, Kamis (8/9/2022). Kunjungan kerja yang didampingi Sekretaris Utama BPIP Adhianti, Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP Prakoso, dan Kepala Biro Fasilitasi, Pimpinan, Hubungan Masyarakat, dan Administrasi BPIP Sunoto Setyo itu disambut baik Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heryanto Adi Nugroho dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar.

Ia mengajak kepada Pemerintah Provinsi Banten dan Institusi Polri di Banten untuk terus menjaga dan menginternalisasi nilai-nilai Pancasila di tanah jawara. Tidak hanya itu, ia menegaskan pentingnya peran anak-anak muda untuk terus mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di tengah arus digitalisasi.

“Maksud dan tujuan kami ke sini, untuk mengajak berkolaborasi kepada Pemerintah Provinsi Banten terutama di institusi kepolisian untuk terus menjaga dan menginternalisasi Pancasila kepada masyarakat,” ujar Karjono.

Ia bahkan menjelaskan dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 57 tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan yang disahkan Presiden Joko Widodo dan masuk dalam Prolegnas menjadi landasan untuk membangun karakter anak-anak bangsa dari mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Perguruan Tinggi. “Pendidikan Pancasila sebagai mata pelajaran wajib. Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara sangat penting untuk menjaga keberlangsungan bangsa dan negara,” paparnya.

BACA JUGA  Menkopolhukam Bicara 3 Cabang Radikalisme di Peringatan Hari Korban Terorisme

Dirinya juga berharap Polda dan Pemprov Banten terus bersinergi dengan BPIP dalam pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan semua stakeholders di Provinsi Banten. Dengan demikian segala hal yang bertentangan dengan Pancasila seperti radikalisme, intoleransi, terorisme, narkoba, korupsi, dan lain sebagainya dapat diantisipasi.

“Awal pertemuan ini, nanti kami tindaklanjuti dengan melaksanakan program-program bersama,” ujarnya.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heryanto Adi Nugroho, mengapresiasi kunjungan kerja BPIP. Ia bahkan mendukung semua program dan kegiatan BPIP yang dilaksanakan di Daerah Banten.

“Saya berharap dengan sinergi antara BPIP, polisi, dan pemprov Banten ini masyarakat di Banten tetap kondusif, menjaga pluralisme dan kebhinekaan,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Pj Gubernur Banten Al Muktabar. Ia mengapresiasi program BPIP yang sudah sering melaksanakan kegiatan dan program di Banten. Ia berharap terbangunnya kolaborasi dan gotong royong ini dapat menumbuhkan dan membangun karakter anak-anak bangsa yang berlandaskan Pancasila.

“Dengan adanya BPIP ini kita patut bersyukur karena dapat membantu pemerintah daerah dalam membangun karakter anak-anak bangsa yang lebih baik,” paparnya.

Ia berharap silaturahim ini terus berkelanjutan dengan program-program dan kegiatan yang dapat menyentuh masyarakat di Provinsi Banten. “Kami terus support, karena Pancasila adalah ideologi dan dasar negara, Pancasila tidak hanya untuk dihafalkan, tetapi wajib diamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutupnya.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru