25.7 C
Jakarta

BNPT Bekali Ribuan Guru untuk Cegah Radikalisme

Artikel Trending

AkhbarNasionalBNPT Bekali Ribuan Guru untuk Cegah Radikalisme
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memberikan pemahaman terkait ketahanan ideologi nasional bagi ribuan guru di DKI Jakarta guna mencegah penyebaran radikalisme.

harus mewaspadai akan adanya transnasional ideologi terutama intoleransi radikalisme yang bertentangan dengan jati diri bangsa,” kata Kepala BNPT Komisaris Jenderal Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa , 23 Agustus 2022 dikutip dari Antara.

BNPT bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan bagi guru bertema “Merajut Kebhinekaan Dalam Rangka Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Boy menyatakan, guru merupakan elemen penting dalam mencegah penyebaran ideologi radikal karena guru mengajarkan pelajar menjadi anak bangsa yang cinta Tanah Air dengan menjunjung tinggi nilai Pancasila dan Kebhinekaan.

Untuk mencegah tumbuh kembangnya radikalisme di lingkungan sekolah, Boy menuturkan, sekolah dan guru memperkuat pemahaman ketahanan nasional, revitalisasi nilai Pancasila dan moderasi beragama.

BACA JUGA  Negara Harus Punya Regulasi yang ng Larang Ideologi Bertentangan dengan Pancasila

“Hal ini untuk menghadapi tantangan akan adanya ekspansi ideologi transnasional di tengah perkembangan teknologi,” ujar jenderal polisi bintang tiga itu.

Boy juga memaparkan perkembangan terorisme secara global dan regional serta langkah pencegahan untuk memberikan gambaran kepada Dinas Pendidikan DKI Jakarta sehingga dapat menentukan langkah preventif dalam sinergi penanggulangan radikalisme terorisme di lingkungan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta Nahdiana mendukung langkah BNPT mengantisipasi penyebaran radikalisme di lingkungan pendidikan. Nahdiana mengajak para guru untuk meningkatkan kapabilitas dalam penanaman nilai Pancasila dan rasa cinta Tanah Air terhadap anak didik.

“Saya berharap kita dapat meningkatkan kapabilitas diri kita dalam menyertai kehidupan anak-anak kita yang toleran, menghargai perbedaan agar muncul suasana kehidupan berbangsa yang damai,” ujar Nahdiana.

Harakatuna
Harakatuna
Harakatuna.com merupakan media dakwah berbasis keislaman dan kebangsaan yang fokus pada penguatan pilar-pilar kebangsaan dan keislaman dengan ciri khas keindonesiaan. Transfer Donasi ke Rekening : BRI 033901002158309 a.n PT Harakatuna Bhakti Ummat

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru