28.6 C
Jakarta

Belasan Anggota Khilafatul Muslimin di Metro Ikrar Setia NKRI

Artikel Trending

AkhbarNasionalBelasan Anggota Khilafatul Muslimin di Metro Ikrar Setia NKRI
Dengarkan artikel ini
image_pdfDownload PDF

Harakatuna.com. Jakarta – Sebanyak 15 orang pengurus dan anggota Ummul Quro Metro berikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila sebagai ideologi bangsa. Ikrar tersebut dilakukan dalam ruang OR Setda Pemkot Metro, Rabu (29/6/2022).

Pantauan Kupastuntas.co, pembacaan ikrar yang dilakukan kelompok Khilafatul Muslimin disaksikan langsung oleh Walikota Metro Wahdi, Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution, dan Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono melalui Kasdim Mayor Inf Bagus Setiawan.

Selain itu, hadir pula Kapolres Metro AKBP Yuni Iswandari Yuyun, Kepala Kejari Metro Virginia Hariztavianne, Kepala Kemenag, MUI, FKUB dan sejumlah tokoh agama lainnya.

Dalam pembacaan ikrar setia kepada NKRI dan Pancasila tersebut diikuti oleh 10 orang pria dan 5 orang wanita kelompok Khalifatul Muslimin dari total sebanyak 22 anggota yang terdata. Sementara 7 orang lainnya berhalangan hadir dengan alasan tertentu.

Pembacaan ikrar tersebut dipimpin oleh seorang anggota bernama Solihin. Dihadapan pemerintah Kota Metro, dirinya membacakan empat poin isi ikrar yang di ikuti seluruh anggota.

Ikrar setia kepada negara kesatuan republik Indonesia dan Pancasila sebagai dasar negara, kami berikrar ;

Satu, mengakui dan setia kepada negara kesatuan republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, Undang-undang dasar 1945, dan bhinneka tunggal ika.

Dua, kami anggota Khilafatul Muslimin yang berbeda di Kota Metro secara sadar dan tanpa ada paksaan menyatakan bahwa sejak saat ini kami menyatakan keluar dari Khilafatul Muslimin dan menolak ajaran radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila dan undang -undang dasar 1945.

Tiga, mengikuti semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di negara kesatuan republik Indonesia.

Empat, bertekad hidup berdampingan dengan segenap masyarakat sekitar secara harmonis dan menjunjung tinggi azas bhinneka tunggal Ika.

Walikota Metro, Wahdi mengajak belasan pengurus dan anggota Khalifatul Muslimin tersebut untuk memberantas ajaran yang mengarah pada paham radikalisme.

“Atas nama jajaran pemerintah Kota Metro kami menyambut baik dan memberikan apresiasi serta penghargaan atas terselenggaranya kegiatan ini, semoga dapat membangun persaudaraan, toleransi dan kerukunan di bumi pertiwi sesuai dengan semboyan bhinneka tunggal ika,” ucapnya.

Ahmad Fairozi
Ahmad Fairozihttps://www.penasantri.id/
Mahasiswa UNUSIA Jakarta, Alumni PP. Annuqayah daerah Lubangsa

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

Artikel Terbaru