32.1 C
Jakarta

Beginilah Bentuk dan Wajah Ahli Maksiat di Akhirat

Artikel Trending

Pada umumnya yang menjadi ciri utama manusia dengan manusia lainnya adalah bentuk wajahnya. Dengan melihat wajah seseorang, pasti akan bisa mengenali dan mengidentifikasi siapa nama dan orangnya. Hal ini berbeda dengan anggota badan yang lain, seperti tangan dan kaki. Dengan melihat kaki atau tangan belum tentu bisa mengenali seseorang. Namun demikian di akhirat kelak tepatnya saat berada di padang mahsyar, Allah akan menampakkan wajah ahli maksiat sesuai dengan kemaksiatannya.

Perlu diketahui bahwa padang mahsyar adalah tempat yang sangat luas, di mana seluruh manusia dari Nabi Adam sampai manusia terakhir dikumpulkan setelah dibangkitkan dari alam kubur. Di padang mashyar, Allah akan mengadili dan menghisap seluruh amal perbuatan yang di lakukan manusia.

Rasulullah pernah berkisah kepada Sahabat Muadz Bin Jabal, bahwasanya di padang mahsyar, wajah ahli maksiat akan ditampakkan sesuai dengan kemaksiatannya yang dilakukan di dunia.

10 Wajah Ahli Maksiat Di Akhirat

Pertama, wajah ahli maksiat akan ada yang diserupakan dengan monyet. Mereka ahli maksiat yang wajahnya seperti monyet adalah mereka yang sewaktu didunia suka menyebarkan fitnah dan hoaks kepada manusia.

Kedua, Wajah ahli maksiat akan ada yang diserupakan dengan babi. Mereka ini adalah orang-orang yang suka makan dari makanan haram dan suka merampas hak orang lain.

Ketiga, ada yang tubuhnya terbalik, yaitu kakinya di atas dan wajahnya diseret-seret. Mereka adalah orang-orang yang suka memakan harta riba

BACA JUGA  Tanda-Tanda Diterimanya Sebuah Taubat, Apa Saja?

Keempat, ada yang dibangkitkan dalam keadaan buta tersungkur. Mereka adalah orang-orang yang suka berbuat zalim dalam pemerintahan.

Kelima, ada yang yang dibangkitkan dalam keadaan bisa tuli serta gila alias tidak berakal. Mereka adalah orang suka pamer dan sombong dengan amal ibadahnya

Keenam, ada juga yang dibangkitkan dengan lidah terjulur sampai ke dadanya. Dari mulut mereka mengalir nanah laksana air liur busuk yang membuat semua orang merasa jijik kepadanya. Mereka ini adalah para ilmuwan, ulama serta hakim yang perkataannya tidak sesuai dengan perbuatannya.

BACA JUGA  Mengambil Hikmah Dari Sebuah Peristiwa Adalah Kebaikan Yang Tak Terkira

Ketujuh, ada yang dibangkitkan dalam keadaan disalib dalam palang api. Mereka ini adalah orang yang suka memfitnah orang lain di hadapan pemerintah atau penguasa.

Kedelapan, ada yang dibangkit dengan keadaan terpotong tangan dan kakinya. Mereka adalah ahli maksiat yang suka mengganggu tetangganya.

Kesembilan, ada yang dibangkit sementara tubuhnya berbau melebihi bau bangkai. Mereka adalah orang yang suka mengumbar hawa nafsunya, bergelimang dalam dosa syahwat dan menolak membayarkan hak atas hartanya.

Kesepuluh, ada yang dibangkitkan dengan pakaian panjang yang terbuat dari timah yang meleleh. Mereka adalah orang yang suka bermegah-megah dan memuji diri sendiri.

Semoga kelak kita semua dibangkitkan dalam sebaik-baiknya keadaan dan terhindar dari sepuluh wajah ahli maksiat seperti yang dikisahkan Nabi Muhammad tersebut, Amin.

 

 

Khalwani Ahmad
Khalwani Ahmad
Pemerhati Sejarah Peradaban Islam Nusantara

Mengenal Harakatuna

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru